Imunitas Tinggi, Kondisi Pasien Positif Covid-19 Sumba Timur Stabil | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Imunitas Tinggi, Kondisi Pasien Positif Covid-19 Sumba Timur Stabil


Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana (kiri) menjelaskan penanganan pasien Covid-19 dalam konfrensi pers di Posko Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sumba Timur, Sabtu (16/5). (FOTO: Sepritus/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Imunitas Tinggi, Kondisi Pasien Positif Covid-19 Sumba Timur Stabil


WAINGAPU, TIMEXKUPANG.com-Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, sesuai penyampaian pihak RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, kondisi keempat pasien positif Covid-19 dari klaster Sekolah Tinggi Teologia (STT) Sangkakala Jakarta, dalam keadaan baik.

Kondisi para pasien stabil, tidak menunjukan gejala apapun karena para pasien yang terpapar Covid-19 masih berusia muda sehingga memiliki imunitas yang tinggi. “Yang kita perlu waspadai adalah orang-orang berusia retan dan memiliki penyakit bawaan,” ungkap dr. Chrisnawan dalam konferensi pers di Posko Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sumba Timur, Sabtu (16/5) malam. Hadir mendampingi dr. Chrisnawan, Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Njurubaha, S.Km., M.Ap., serta Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Sumba Timur, Jonker Telnoni, S.Km.

Dokter Chrisnawan mengatakan, empat pasien Covid-19 warga Sumba Timur ini merupakan mahasiswa STT Sangkakala Jakarta, dan mereka terpapar sebelum kembali ke Sumba Timur sehingga ketika hasil swabnya keluar, mereka disebut sebagai pasien terkonfirmasi positif dari klaster STT Jakarta.

Menurut dr. Chrisnawan, pasien positif dari klaster STT Jakarta ini berstatus orang tanpa gejala (OTG). Khusus pasien 03 dan 04, mereka tiba di Waingapu pada 23 April 2020. Saat tiba, mereka menjalani pemeriksaan medis di Lapangan Rihi Eti Prailiu dengan tidak menunjukan hasil klinis sehingga kedua orang ini sempat pulang ke rumah.

BACA JUGA: UPDATE COVID-19 NTT: Tambah 9 Kasus Baru dari Manggarai, Sikka dan Sumba Timur

Pada 24 April 2020, ketika dilakukan rapid test terhadap pasien 03, hasilnya reaktif sehingga petugas langsung melakukan isolasi terhadap yang bersangkutan ke RSUD Umbu Rara Meha Waingapu. Kemudian pada 25 April 2020, pasien positif 04 juga di-rapid test, hasilnya pun reaktif sehingga petugas langsung melakukan isolasi terhadap yang bersangkutan ke RSUD Umbu Rara Meha Waingapu.

“Perlu diketahui bahwa untuk pasien positif 02 dan 3 yang sampel swab dikirim tanggal 28 April 2020 ke Jakarta dan mendapatkan hasil awab PCR negatif. Ketika sampel swab kedua dikirim ke Kupang pada 9 Mei 2020, hari ini keluar hasil dari RSUD Prof. W. Z. Johannes Kupang dengan hasil positif Covid-19,” beber dr. Chrisnawan.

Terhadap para pasien positif Covid-19 warga Sumba Timur, kata dr. Chrisnawan, petugas melakukan tracing guna mengetahui jejak kontak yang bersangkutan.

Dokter Chrisnawan berharap masyarakat yang sempat melakukan kontak fisik dengan pasien 03 dan 04 Sumba Timur bisa melaporkan diri di posko penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur. (mg31)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top