Tambah 3 Positif Covid-19, Kabupaten Ini Berpeluang Terjadi Penyebaran Transmisi Lokal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tambah 3 Positif Covid-19, Kabupaten Ini Berpeluang Terjadi Penyebaran Transmisi Lokal


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg Dominikus Minggu Mere saat ditemui Timor Express di Kantor Gubernur NTT, Rabu (20/5). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Tambah 3 Positif Covid-19, Kabupaten Ini Berpeluang Terjadi Penyebaran Transmisi Lokal


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kasus positif Covid-19 di NTT kembali bertambah 3 orang setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 48 sampel swab di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Ketiga sampel tersebut merupakan rujukan dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dengan 2 sampel, dan 1 sampel dari Maumere, Kabupaten Sikka.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg Dominikus Minggu Mere saat ditemui Timor Express di Kantor Gubernur NTT, Rabu (20/5).

Disampaiakan, dua sampel positif Covid-19 dari Labuan Bajo itu berasal dari klaster Gowa sementara sampel rujukan Maumere masih dilakukan penulusaran.

“Untuk satu sampel positif itu diduga berasal dari klaster Gowa tapi Satgas Kabupaten Sikka. Dengan bertambahnya tiga sampel positif itu maka jumlah kasus Covid-19 di NTT jadi 79 kasus,” ujarnya.

Dikatakan, semua pasien positif kini dalam keadaan baik dan saat ini masih sebanyak 72 orang yang diisolasi. Namun tidak menutup kemungkinan jika pasien kondisinya memburuk maka segera dilakukan evakuasi ke rumah sakit rujukan agar penanganan lebih konprehensif.

“Di RSB Titus Uly kita akan lakukan evaluasi jika sudah dua kali berturut-turut negatif akan dipulangkan,” tuturnya.

Selain itu, pria yang sering disapa Domi Mere ini mengemukakan bahwa melihat perkembangan pasien positif Covid-19 di NTT, terdapat beberapa kabupaten yang berpotensi terjadinya penyebaran transmisi lokal seperti di Kota Kupang.

Kabupaten tersebut yakni, Sikka, Ende, Manggarai Barat, Sumba Timur dan Rote Ndao. “Kabupaten ini sangat berpeluang sehingga kita berharap masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi transmisi lokal karena kabupaten tersebut terdapat beberapa klaster di wilayah tersebut,” tandas Domi Mere yang juga Sekertaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT itu. (mg29)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top