Tim Sapurata Horo Ringkus Pencuri Barang Elektronik di Sikka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tim Sapurata Horo Ringkus Pencuri Barang Elektronik di Sikka


INCAR BARANG ELEKTRONIK. Pitong, pencuri barang elektronik berhasil diringkus tim Sapurata Horo Polres Sikka. Tampak barang-barang elektronik yang berhasil dicuri Pitong ketika melakukan aksinya selama Maret - Mei 2020. (FOTO: Karel Pandu/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Tim Sapurata Horo Ringkus Pencuri Barang Elektronik di Sikka


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Kapolres Sikka, AKBP Sajimin mengatakan, kasus pencurian yang terjadi di kabupaten itu selama pandemi Covid-19 sudah sangat meresahkan masyarakat. Di tengah kepanikan masyarakat akan wabah mematikan ini, pencuri justru melakukan aksinya, menjarah harta milik warga.

Menurut Sajimin, salah satu aksi pencurian yang telah dilakukan sejak Maret hingga Mei 2020, dan berhasil dibekuk aparat terdapat seorang pelaku berinisial P. Berdasarkan hasil penelusuran media ini, P diketahui adalah Pitong dengan nama lengkap Carolus Vitalis Pitong.

“P ini melakukan aksinya pada malam hari sejak bulan Maret hingga bulan Mei. Alat yang digunakan dalam melancarkan aksinya berupa obeng dan pencungkil. Sementara barang yang dicurinya berupa alat-alat elektronik,” ungkap Sajimin kepada awak media di Maumere, Jumat (22/5).

Menurut Sajimin, P ini dibekuk tim Sapurata Horo Polres Sikka. P dalam melakukan aksinya selalu pada malam hari. P ini merupakan seorang nelayan berusia 49 tahun asal Wododong, RT 015/RW 004, Desa Wairterang, Kecamatan Waigete.

Sajimin menjelaskan, keberhasilan aparat meringkus P ini berdasarkan laporan warga yang masuk ke polisi dalam kurun waktu Maret – Mei 2020.

BACA JUGA: Tim Sapurata Polres Sikka Tangkap 7 Pelaku Pencurian Gading Pusaka

Atas dasar laporan polisi tersebut, kata Sajimin, Satreskrim Polres Sikka melalui tim Sapurata Horo, Rabu (20/5) melakukan serangkaian penyeldikan. Dari hasil penyelidikan itu diketahui pelaku dalam melakukan aksinya menggunakan alat pencungkil dengan membuka jendela rumah korban.

BACA JUGA: Pencuri Satroni Rumah Deni Setiawan, Perhiasan Emas, Uang dan 4 HP Raib

Satreskrim Polres Sikka lanjut Sajimin juga berhasil mengungkap sejumlah TKP yang menjadi sasaran pelaku dalam menjalankan aksinya. TKP itu terdapat di Jl. Moan Subu Sadipun, Kelurahan Beru, Kecamatan Alok Timur, tanggal 31 Maret, di rumah korban atas nama Heni. Masih dihari yang sama, pelaku juga menggasak rumah salah seorang korban atas nama T. Moa.

TKP lainnya, kata Sajimin, yakni di Lorena Lorong Pancasila, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur. Aksi ini dilakukan P pada Minggu (10/5) di rumah korban atas nama Rudi. Selanjutnya pada Rabu (20/5) pelaku kembali melakukan aksinya di lorong Karya Murni Keluarahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, di rumah korban atas nama V. Polu.

Sajimin menyebutkan, dalam proses pengungkapan itu, tim Sapurata Horo mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 obeng, 3 unit laptop merek Accer, 1 unit alat pencongkel, 8 unit handpone berbagai merk, dan 1 unit charger laptop.

“Semua barang bukti dan alat yang digunakan oleh P dalam melakukan aksinya, berhasil diamankan tim Sapurata Horo Polres Sikka,” kata Sajimin.

Sajimin menambahkan, atas perbuatannya ini, P bakal dijerat pasal 363 (1) dan pasal 5 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Pasal ini masuk dalam pencurian dengan pemberatan. (Kr5)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top