Satgas Covid-19 Sikka Sudah Kirim 153 Sampel Swab ke Kupang, Ini Rinciannya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Satgas Covid-19 Sikka Sudah Kirim 153 Sampel Swab ke Kupang, Ini Rinciannya


Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Sikka, Petrus Herlimus. (FOTO: KAREL PANDU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Satgas Covid-19 Sikka Sudah Kirim 153 Sampel Swab ke Kupang, Ini Rinciannya


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlimus mengatakan, hingga saat ini, pihaknya telah mengirim sebanyak 153 sampel ke Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. “Pengiriman ini dilakukan sejak 7 Mei 2020,” ungkap Petrus Herlimus di Maumere, kemarin (30/5).

Petrus merincikan, pengiriman pertama 7 Mei 2020, terdapat 71 sampel. Terdiri dari klaster Lambelu 50 sampel, klaster Gowa 18 sampel, klaster Magetan 2 sampel, dan satu sampel swab yang diambil dari kapten KM Maratus.

Menurut Petrus, dari 71 sampel swab yang dikirim pertama itu, yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 26 sampel atau orang, sedangkan sampel dari 45 orang lainnya negatif. “26 orang yang dinyatakan positif itu berasal dari klaster Lambelu sebanyak 21 orang, klaster Magetan 2 orang, dan klaster Gowa 3 orang,” beber Petrus.

Selanjutnya, kata Petrus, pada 16 Mei 2020 ada pengiriman kedua sebanyak 19 sampel. Sampel-sampel ini merupakan klaster Magetan yang dijemput di Desa Parumaan sebanyak 18 orang, dan 1 orang pelaku perjalanan. “Dari 19 sampel swab kiriman kedua, hasil laboratoriumnya 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19, sedangkan 18 sampel lainnya negatif,” kata Petrus.

Pengiriman tahap ketiga, lanjut Petrus, pada 20 Mei 2020. Saat itu dikirim sebanyak 25 sampel, yang berasal dari Pulau Pemana sebanyak 14 orang/sampel, Desa Kojadoi 6 orang/sampel, Desa Nangahale 4 orang/sampel, dan Desa Waeblama 1 orang/sampel. “Dari 25 sampel swab tersebut, hasil laboratorium menyatakan semuanya negatif Covid-19,” papar Petrus.

Pada 21 Mei 2020, demikian Petrus, ada pengiriman tahap keempat sebanyak 11 sampel swab. Sampel-sampel ini diambil dari warga yang kontak erat dengan pasien positif, dari Kelurahan Wuring sebanyak 10 orang/sampel, dan dari Kecamatan Doreng 1 orang/sampel. “Sampel-sampel ini pun semuanya dinyatakan negatif saat pemeriksaan lab,” sebut Petrus.

Petrus menyebutkan, masih dihari yang sama pada 21 Mei 2020, pihaknya juga kembali mengirimkan 27 sampel swab dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sikka, dimana hasil pemeriksaan laboratorium menyatakan, 9 sampel sudah negatif, sedangkan 18 sampel lainnya masih positif.

“27 sampel swab pasien positif yang kami kirimkan kembali ke Kupang, hasilnya diterima hari ini (30/5), dimana 9 orang dinyatakan negatif, sedangkan 18 lainnya masih positif. Untuk 18 orang yang masih positif ini langsung kami pisahkan,” tutur Petrus.

Sedangkan 9 orang yang telah dinyatakan negatif, lanjut Petrus, diizinkan pulang, namun harus mengikuti pengambilan swab tahap kedua pasca dinyatakan positif, Senin (1/6). Termasuk pasien yang masih positif akan di swab lagi. “Nanti akan langsung dikirim Selasa (2/6) ke Kupang. Jika tidak ada pesawat maka dipastikan akan dikirim Jumat melalui Larantuka,” sebut Petrus.

Petrus menambahkan, pihaknya juga akan memulangkan sebanyak 28 orang dalam pemantauan (ODP) yang selama ini dikarantina di Kantor Dinas Pariwisata Sikka maupun di Puskesmas Waigete. Mereka akan menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Petrus juga mengingatkan masyarakat Sikka, terutama mereka yang beraktifitas di pasar, di pusat keramaian, di toko-toko agar benar-benar memperhatikan imbauan pemerintah atau protokol kesehatan. Wajib rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak atau kontak fisik. “Intinya lebih disiplin lagi menerapkan protokoler kesehatan,” pesan Petrus. (Kr5)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top