5 Jam Perjalanan dari Soliu, Bripka Johanis Lerrick Bantu Antar Bayi Tanpa Dubur ke RSUD Naibonat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

5 Jam Perjalanan dari Soliu, Bripka Johanis Lerrick Bantu Antar Bayi Tanpa Dubur ke RSUD Naibonat


POLISI PEDULI. Bripka Johanis Gereths Lerrick (tengah) menggendong bayi tanpa dubur didampingi pasangan suami-istri, Yusuf Nale dan Mahelina saat tiba di RSUD Naibonat, Kamis (4/6) petang. (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

5 Jam Perjalanan dari Soliu, Bripka Johanis Lerrick Bantu Antar Bayi Tanpa Dubur ke RSUD Naibonat


Mobil Ambulance Tak Ada, Pasien Dirujuk Pakai Mobil Pribadi Polisi

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Minimnya sarana dan fasilitas kesehatan masih sangat dirasakan masyarakat di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini dirasakan keluarga Nale, dimana anak yang baru dilahirkan sang istri, Mehelina Nale-Sajan, ternyata terlahir tanpa dubur. Pasangan suami istri ini langsung berusaha mencari pertolongan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan pertolongan medis.

Sebagaimana dituturkan Yusuf Nale, istrinya, Mehelina Nale-Sajan melahirkan seorang bayi laki-laki pada Rabu (3/6) sekitar pukul 10.00 wita. Proses persalinan itu berlangsung di rumah Yusuf, RT 02/RW 01, Dusun I Desa Soliu, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang.

Sejak awal, ibu Mehelina Nale-Sajan dan suaminya tidak menyadari kalau bayi yang baru dilahirkan itu tidak memiliki dubur. Saat anggota keluarga memandikan bayi tersebut, barulah diketahui kalau bayi seberat 3 kilogram ini tidak memiliki dubur/anus.

Yusuf dan istri dibantu keluarga terpaksa merawat sang bayi seadanya karena lokasi tempat tinggal mereka jauh dari Puskesmas, dan Mehelina belum pulih benar pasca melahirkan.

Mereka kemudian membawa bayi tersebut ke Puskesmas Soliu pada Kamis (4/6) pagi dengan harapan ada bantuan tenaga medis. Rupanya di Puskesmas Soliu pun kekurangan tenaga medis dan sarana sehingga tidak bisa melakukan tindakan medis atau tindakan operasi pada bayi tersebut.

Bayi tersebut harus dirujuk ke RSUD Naibonat Kabupaten Kupang yang jaraknya sekitar 80 kilometer dari Soliu. Kendala lain, Puskesmas Soliu tidak memiliki sarana kendaraan untuk merujuk bayi dan orang tuanya ke RSUD Naibonat.

Petugas medis RSUD Naibonat tengah memproses administrasi untuk penanganan bayi keluarga Nale, sesaat tiba dari Soliu, Amfoang Barat Laut, Kamis (4/6) petang. (FOTO: Istimewa)

Menurut Yusuf, pihak keluarga sempat mencarikan mobil untuk mengantar bayi dan ibunya sejak Rabu (3/6) malam hingga Kamis (4/6), namun tidak mendapat kendaraan.

Bahkan Yusuf mengaku, untuk datang ke Puskesmas Soliu pun mereka harus berjalan kaki dan menumpang sepeda motor yang kebetulan melintas.

Sementara itu, mobil ambulance di Puskesmas Soliu, Kecamatan Amfoang Barat Laut juga tidak ada karena masih berada di Kupang. Keluarga kemudian meminta bantuan ke Polsek Amfoang Utara, namun juga tidak ada kendaraan roda empat.

Beruntung Bripka Johanis Gereths Lerrick, Bhabinkamtibmas Desa Honuk dan Desa Saukibe, Kecamatan Amfoang Barat Laut, memiliki kendaraan roda empat.

Anggota Bhabinkamtibmas ini pun diizinkan Kapospol Amfoang Barat Laut, Aipda Hironumus Neni untuk mengantarkan bayi dan orang tua bayi ke RSUD Naibonat. Saat mengantar bayi dan ibunya itu, ikut mendampingi perawat Puskesmas Soliu, Nindi Siokain, Amd.Kep.

Sekitar lima jam perjalanan, Kamis (4/6) sekira pukul 15.30 Wita, anggota Bhabinkamtibmas bersama Yunus Nale, istri dan balita serta perawat Puskesmas Soliu, Nindi Siokain tiba di RSUD Naibonat Kabupaten Kupang. Bayi tersebut langsung mendapat perawatan medis untuk pembuatan dubur/anus buatan sambil menunggu proses observasi dan tindakan medis lebih lanjut. Yusuf Nale berharap anaknya segera dibantu dan bisa memiliki dubur. “Saya menyampaikan terima kasih kepada pak polisi yang sudah membantu kami,” kata Yusuf.

“Anak ini butuh perawatan lebih lanjut, sementara di desa tidak ada kendaraan. Kebetulan saya ada kendaraan, maka saya bantu antar. Semoga bayinya segera tertolong,” ujar Bripka Johanis Gereths Lerrick, usai mengantar bayi dan orang tuanya ke RSUD Naibonat, Kamis (4/6) petang. (ilo/aln)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top