Bawaslu Malaka Usul Penambahan Anggaran untuk Pengadaan APD | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bawaslu Malaka Usul Penambahan Anggaran untuk Pengadaan APD


Ketua Bawaslu Malaka, Petrus Nahak Manek. (FOTO: Pisto Bere/TIMEX)

POLITIK

Bawaslu Malaka Usul Penambahan Anggaran untuk Pengadaan APD


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malaka mengajukan tambahan anggaran senilai Rp 273.455.000 ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi para pengawas dalam menjalankan tugas pengawasan tahapan Pilkada di masa pandemi Covid-19.

Untuk pengadaan APD tersebut, Bawaslu Malaka tidak akan menerima dalam bentuk uang tunai, namun berupa barang, dimana kebutuhan APD itu disediakan oleh Pemkab setempat.

“Kami usulkan penambahan anggaran untuk pengadaan APD, namun kami tidak menerima dalam bentuk uang tunai. Kami hanya terima dalam bentuk barang. Ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 tahun 2020,” ungkap Ketua Bawaslu Malaka, Petrus Nahak Manek saat ditemui Timor Express di ruang kerjanya. Rabu (24/6).

Petrus menyatakan, pengadaan APD tersesbut paling lambat awal Juli, karena sementara ini penyelengara KPU sudah mulai sosialisasi perekrutan PPDP. “Petugas kami di tingkat desa sudah mulai mengawas, berarti pemberlakuan terhadap aturan KPU Nomor 5 tahun 2020 tentang lanjutan tahapan program dan jadwal ini sudah berjalan di bulan Juni, diamana dalam PKPU itu seluruh tahapan wajib dilengakapi dengan APD khusus bagi penyelengara,” jelas Petrus.

Petrus menjelaskan, dengan adanya penambahan anggaran untuk pengadaan APD sebesar Rp 273.455.000, jika ditambah dengan alokasi anggaran APBD untuk Bawaslu sesuai naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) sebesar Rp 7,1 miliar, maka total anggaran Bawaslu untuk Pilkada Malaka 2020 sebesat Rp 7.373.455.000.

“Dana Bawaslu sesuai NPHD sebesar Rp 7.100.000.000. Dana kita sudah 100 persen ditransfer oleh Pemda,’’ ungkapnya

Sementara ini Ketua KPU Malaka Makarius Bere Nahak, mengungkapkan, penambahan anggaran untuk dua item kegatan, yakni pengadaan APD dan penambahan TPS yang disetujui Pemkab Malaka melalui APBD II senilai Rp 500 juta. Sedangkan usulan tambahan lainnya senilai Rp 2.152.389.000 itu akan diakomodir melalui dana APBN. (mg30)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top