Kagumi Muara Wae Pesi, Ini Tawaran Gubernur VBL untuk Bupati Deno | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kagumi Muara Wae Pesi, Ini Tawaran Gubernur VBL untuk Bupati Deno


PIKAT HATI GUBERNUR. Inilah lokasi muara kali Wae Pesi di Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai yang memikat hati Gubernur VBL. Menurut VBL, ini cocok dikembangkan menjadi obyek wisata bernilai ekonomis. (FOTO: Fansi Runggat/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kagumi Muara Wae Pesi, Ini Tawaran Gubernur VBL untuk Bupati Deno


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), begitu senang dan kagum melihat potensi dan keindahan Muara Kali Wae Pesi, di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai. Impianya, lokasi itu dijadikan obyek wisata buatan yang bernilai ekonomis.

Kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai, Gubernur VBL menawarkan satu ide, agar muara dari kali besar Wae Pesi itu bisa ditata dengan baik dan menyediakan sarana kapal wisata yang lengkap dengan restoran terapung. Tentu kapal berstandar yang bisa beroperasi di sepanjang Muara Kali Wae Pesi. Harus juga dilengkapi fasilitas lain yang dibutuhkan wisatawan.

“Senang hari ini Bupati Deno bawa saya ke tempat ini. Saya melihat ada sisi menarik dari tempat yang kita kunjungi ini. Cocok dikelola untuk destinasi pariwisata. Nanti kita siapkan kapal yang lengkap restoran terapung,” ujar Gubernur VBL saat kunjungan kerja (Kunker) di lokasi Tambat Labuh Reo, Muara Wae Pesi, Rabu (24/6).

Kunker itu sendiri dihadiri Bupati Manggarai, Deno Kamelus dan Wakil Bupati Viktor Madur. Hadir juga sejumlah anggota DPRD Provinsi, masing-masing Yeni Veronika, Fredy Mui, dan Boni Jebarus. Hadir juga Ketua DPRD Manggarai Mathias Masir, Forkopimda Manggarai, Sekda Manggarai Fansi Jahang, sejumlah pimpinan OPD Provinsi dan kabupaten Manggarai. Juga pimpinan BUMN dan BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, tenaga kesehatan, dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur VBL sempat menyerahkan bantuan kepada belasan yayasan dan panti asuhan di Manggarai. Rombongan Gubernur VBL dan Bupati Deno, tiba di Reo disambut secara adat Manggarai.

Menurut VBL, jika lokasi muara itu ditata dengan baik dan dikelola jadi destinasi wisata, maka hal yang paling penting juga diperhatikan itu, narasi-narasi tentang history Reo atau Manggarai. Dimana narasinya mesti dibuat sedemikian rupa, agar menggugah rasa ingin tahu wisatawan.

BACA JUGA: Kunjungi Manggarai, Insting Gubernur VBL: Bupati Deno Bisa Terpilih Lagi

“Untuk mewujudkan nilai manfaafnya, saya meminta Bupati Manggarai untuk bisa menganggarkan dari APBD sekira Rp 10 miliar. Jangan banyak-banyak. Kita dari Provinsi agar tidak jadi penonton, maka pasti siap untuk bantu,” kata Gubernur VBL.

Merespon hal itu, Bupati Deno kepada TIMEXKUPANG.com mengatakan, ide yang ditawarkan oleh Gubernur VBL, sangat bagus. Itu ide praktis dan disetujui, tapi Pemda Manggarai tetap perlu lakukan kajian dan desain yang baik. Untuk anggaran, Pemda tentu bisa membicarakannya dengan dewan nantinya.

“Apa yang disampaikan oleh Bapak Gubernur, memang bisa dilakukan dan ini ide yang bagus. Tetapi, untuk bisa terwujud, kita perlu wacanakan dulu. Lalu kita lakukan kajian-kajian dari pelbagai aspek agar tidak merugikan daerah. Harus didesain dan direncanakan dengan baik,” ungkap Bupati Deno.

Menurut Deno, tawaran ide dari Gubernur itu konteksnya untuk membangun ekonomi dan pariwisata. Dimana sejalan dengan pengembangan wisata super premium di Labuan Bajo. Prinsipnya, kalau ada anggaran dan direncanakan dengan matang, maka itu bisa terwujud.

“Kalau nanti kita bisa buat rencananya dengan matang, kira-kira modelnya seperti apa dan fasilitas pendukungnya apa? Nah dari situ kita bisa tahu biayanya berapa. Setelah tahu biayanya, kita akan kordinasi lagi dengan Pak Gubernur berapa intervensi provinsi untuk pembangunan ini,” pungkas Bupati Deno. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top