KPU TTU Siapkan APD, Pastikan PPK dan PPS Bebas Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU TTU Siapkan APD, Pastikan PPK dan PPS Bebas Covid-19


Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pilkada TTU saat dilantik oleh Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka beberapa waktu lalu. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

KPU TTU Siapkan APD, Pastikan PPK dan PPS Bebas Covid-19


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sesuai dengan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

APD ini diberikan kepada petugas sebagai pelindung agar tidak terpapar Covid-19. Selain itu juga, KPU ingin memastikan bahwa penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa harus bebas Covid-19 sehingga tidak menghambat jalanya pelaksanaan setiap tahapan Pilkada.

Sekertaris KPU TTU, Andreas Laka didampingi PPK Oktovianus Nenat kepada Timor Express, Kamis (25/6) mengatakan, KPU TTU telah mengadakan sebanyak sembilan jenis APD yang akan dibagikan ke PPK dan PPS sesuai dengan tahapan Pilkada.

“APD yang kita siapkan akan dibagikan kepada PPK dan PPS sesuai tahapan. Seperti saat ini PPK dan PPS akan melakukan verifikasi faktual sehingga wajib diperlengkapi dengan APD,” ujar Andreas.

Terkait penggunaan anggaran, jelas Andreas, KPU TTU bersama Pemda telah melakukan rasionalisasi anggaran atas dana hibah ke KPU.

Dari hasil Rasionalisasi anggaraan itu, tambah Andreas, KPU tidak mengajukan permintaan penambahan anggaran namun mengalihkan beberapa jenis kegiatan yang mengumpulkan banyak orang secara langsung melalui media daring. Ada juga perjalanan dinas ke luar daerah yang dipangkas dan dialihkan ke pengadaan APD.

“Anggaran Rp 25 miliar itu tetap. KPU tidak ajukan penambahan anggaran karena kita hanya rasionalisasi beberapa kegiatan melalui media daring dan anggaranya sebagian kita gunakan untuk pengadaan APD ini,” jelasnya.

Terkait kesiapan pelaksanaan beberapa tahapan melalui media, menurut Andreas, KPU TTU telah menyiapkan biaya pulsa bagi setiap PPK maupun PPS dan KPPS sehingga dapat bekerja maksimal dalam melaksanakan beberapa tahapan yang nantinya dilaksanakan secara online.

“Kita akan tambahkan operasional PPK, PPS maupun KPPS berupa biaya pulsa yang akan dibagikan setiap bulan sehingga mereka bisa melaksanakan beberapa tahapan pilkada secara online,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top