Daftar Online, SMK Sadar Wisata Seleksi 1.554 Peserta | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Daftar Online, SMK Sadar Wisata Seleksi 1.554 Peserta


Kasek Sadar Wisata Ruteng, Wilhelmus Bastian. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

PENDIDIKAN

Daftar Online, SMK Sadar Wisata Seleksi 1.554 Peserta


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Menghindari terjadinya kerumunan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sadar Wisata Ruteng, Kabupaten Manggarai, dilakukan secara online. Kini total peserta yang telah mendaftar dan sedang diseleksi, sebanyak 1.554 orang.

Kepala SMK Sadar Wisata Ruteng, Wilhelmus Bastian, kepada TIMEXKUPANG.com di Ruteng, Kamis (25/6) mengatakan, pendaftaran siswa-siswi baru di sekolah itu telah selesai. Itu dilakukan secara online, sejak 16 – 20 Mei 2020. Sementara untuk penyerahan berkas sekaligus seleksi berlangsung pada 22 – 27 Juni 2020.

“Proses pendaftaran siswa-siswi baru sudah selesai dilakukan secara online. Sekarang proses penyerahan berkas dari para peserta, sekaligus seleksi. Total peserta yang daftar sebanyak 1.554 orang. Mereka ini dari berbagai sekolah dan daerah di NTT,” ungkap Bastian.

Lanjut dia, pengumuman hasil seleksi dan tes berlangsung 1 Juli 2020 mendatang. Sementara bagi peserta yang lulus tes dan seleksi berkas, akan ada pendaftaran ulang yang dilakukan pada 3 – 7 Juli 2020. Semua jadwal itu, pihak sekolah telah umumkan secara online, penyebaran pamflet, dan spanduk yang dipajang di sejumlah titik.

Untuk kuota atau kebutuhan peserta didik baru tahun ajaran 2020/2021, kata Bastian sesuai SK Gubernur NTT. Dimana khusus untuk SMK Sadar Wisata, hanya boleh terima sebanyak 864 orang alias hanya untuk 24 rombongan belajar (Rombel). Artinya sebanyak 36 orang per rombel.

“Kita terima sesuai dengan SK Gubernur, bahwa hanya boleh 24 rombel. Setiap rombel sebanyak 36 orang. Makanya dari 1.554 yang sudah daftar, kami seleksi ketat berkas dan juga dilakukan tes. Untuk tes ini nanti, seputar pengetahuan dasar Bahasa Inggris dan mental serta fisik. Kalau yang telinga lubang dan bertato, itu pasti tidak diterima,” kata Bastian.

Peserta yang ikut daftar itu, tidak saja dari daerah kota dan sekitarnya. Tapi ada banyak juga yang ikut daftar secara online dari wilayah pelosok. Tentu pendaftaran online itu sangat mudah dengan menggunakan HP. Melalui link http://tiny.cc/ppdb2020sadarwisata. Pihak sekolah juga telah membuat tutorial untuk daftar melalui link yang ada.

BACA JUGA: Gelar Family Day, BRI Ruteng Beri Penghargaan untuk SMK Sadar Wisata

Proses pendaftaran secara online, lanjut Bastian, tentu untuk mencegah penyebaran wabah virus korona. Salah satunya menghindari terjadinya kerumunan. Selama proses PPDB yang dilakukan, pihaknya melibatkan sejumlah anggota dari Polres Manggarai untuk pengawalan.

“Untuk tahap seleksi ini, kami sudah atur dan bagi, dimana satu hari hanya 300 orang. Tentu jaraknya diatur. Kami juga terapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19. Seperti semua wajib pakai masker, cuci tangan, dan di pintu masuk gerbang sekolah, peserta diukur suhunya,” jelas Bastian.

Menurutnya, saat ini program yang ada di SMK Sadar Wisata Ruteng, yakni program usaha perjalanan wisata dengan kompetensi keahlian adalah yang berperan menyiapkan tenaga kerja di bidang tours dan travel. Juga program atau jurusan perhotelan, dengan kompetensi keahlian yang berperan menyiapkan tenaga kerja di bidang industri perhotelan.

Bastian menambahkan, sekolah itu juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung. Seperti laboratorium UPW, laboratorium Bahasa Inggris, laboratorium Komputer, ruang praktik Kesenian, Teaching Factory, dan hotel praktik APH. Sarana lain seperti ruang kelas, sudah banyak dibangun. Juga ruangan untuk para pegawai dan staf pengajar. Semua lengkap.

“Kami sangat bangga, karena sekolah ini sudah terakredetasi A (unggul). Tentu karena karena semua syarat lengkap sesuai ketentuan. Seperti sarana dan prasarana, juga staf pengajar yang kompeten. Di sekolah ini juga sudah terpasang 32 unit cctv dan sudah konek dari hp milik Kasek. Sehingga kalau saya kemana saja, saya bisa pantau dari HP,” ungkap Bastian.

Bahkan yang menjadi kebanggan, sekolah itu telah bekerja sama dengan pihak industri di Flores, khususnya seluruh hotel di Labuan Bajo. Bahkan sejumlah hotel di Bali. Bastian mengaku, nama sekolah itu juga besar, karena alumni. Tahun ajaran 2019/2020, sekolah itu telah menamatkan 1.072 orang.

“Setiap tahun ajaran baru, pasti begitu banyak yang daftar. Tapi semuanya melalui seleksi. Sesuai misi sekolah ini, menjadi lembaga pendidikan yang handal untuk menghasilkan tamatan yang profesional serta dapat diserap di dunia usaha dan dunia industri,” pungkas Bastian (Krf3)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

To Top