Semarakkan Hari Bayangkara, Polres Matim Gelar Donor Darah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Semarakkan Hari Bayangkara, Polres Matim Gelar Donor  Darah


AKSI KEMANUSIAAN. Anggota Polres dan warga lainnya di Matim ikut terlibat dalam aksi donor darah yang digelar Polres Matim bekerjasama dengan PMI di Lantai II Polres Matim, Senin (29/6). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Semarakkan Hari Bayangkara, Polres Matim Gelar Donor  Darah


Terkumpul 56 Kantorng Darah

BORONG, TIMEXKUPANG.com-Menyambut Hari Bayangkara ke-74 pada 1 Juli 2020, Polres Manggarai Timur (Matim) melakukan kegiatan donor darah, Senin (29/6). Dalam aksi donor darah itu, Polres Matim menyumbang sebanyak 56 kantong darah melalui Palan Merah Indonesia (PMI).

Kegiatannya berlangsung di lantai dua kantor sementara Polres Matim, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong. Donor darah itu bekerja sama dengan PMI Matim dan Pemda Matim. Tidak saja polisi yang mendonorkan darahnya, tapi juga ASN, anggota TNI, dan masyarakat umum.

Kapolres Matim, AKBP Nugroho Arie Siswanto, terlibat langsung dalam kegiatan itu. Bupati Agas Andreas, Wakil Bupati Stef Jaghur, dan Wakil Ketua DPRD Bernadus Nuel, ikut memantau kegiatan tersebut. Hadir Ketua PMI Matim Theresia Wisang-Agas, Ketua PMI Cabang Kabupaten Manggarai, Rony Kaunang.

Hadir juga Ketua Bhayangkari Cabang Matim beserta pengurus organisasi. Tidak saja donor darah, tapi sebelumnya Polres Matim telah melakukan bakti sosial dengan membagi paket sembako kepada sejumlah warga tidak mampu di Kota Borong dan sekitarnya. Pembagian sembako itu, masih dalam rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara.

Kapolres Matim, Nugroho yang ditemui TIMEXKUPANG.com di sela-sela kegiatan donor darah, menjelaskan kegiatan itu sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan transfusi darah. Tentu dilaksanakan dalam rangka HUT Bayangkara ke-74. Dimana ada sebanyak 56 katong darah hasil dari kegiatan itu, dari target 40 kantong.

“Donor darah ini, rutin dilakukan oleh pihak kepolisian setiap tahun. Untuk Polres Matim, ini donor darah yang kedua. Sebelumnya, ada sekira 40-an kantong darah. Tapi kali ini kita laksanakan dalam rangka HUT Banyangkara ke-74. Hari ini ada banyak yang ikut daftar, tapi yang penuhi syarat untuk ambil darahnya, sebanyak 56 orang,” jelas Kapolres Nugroho.

Bagi yang tidak memenuhi syarat itu karena berbagai hal, seperti tensinya tinggi atau rendah, ada juga karena kurang fit. Kegiatan itu juga melibatkan dengan Pemda Matim. Sementara pada puncak HUT Bayangkara, Polres akan menggelar apel melalaui Virtual dengan Kapolri.

“Darah yang ada langsung diserahkan ke PMI. Nanti diteruskan masyarakat yang membutuhkan. Saat ini stok darah di PMI menipis, sehingga ada permintaan juga dari PMI Matim ke kita di Polres. Untuk hari H selain agenda apel virtual, kami agenda lain sperti syukuran bersama,” kata Kapolres Nugroho.

Sementara Ketua PMI Matim, Theresia Wisang-Agas, menjelaskan dalam kegiatan donor darah itu, pihak PMI Matim bekerja sama dengan PMI Manggarai. Hal itu mengingat, PMI Matim belum memiliki alat untuk donor darah. Menurutnya, darah yang ada nantinya, akan disumbangkan ke masyarakat yang membutuhkan.

“Darah ini nanti akan dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan. Masayarakat siapa saja. Tidak kenal dia orang apa atau dari mana. Prinsip kita, satu kantong darah dapat menyelamatkan orang lain,” ujar Wisang.

Dia juga mengapresiasi kepada Kapolres Matim bersama jajaran, yang telah mendonorkan darahnya ke PMI. Wisang juga mengajak semua orang atau masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya secara rutin demi kemanusiaan. Peran serta masyarakat sangat penting untuk menambah jumlah stok darah di PMI sebagai salah satu unit transfusi darah resmi dari pemerintah.

“Donor darah adalah kegiatan kemanusiaan mesti kita dukung. Karena ketersediaan stok darah sangat membantu mereka yang membutuhkan transfusi darah. Dengan mendonorkan darah, kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga dampak psikologis yang sangat positif,” pungkas Theresia. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top