KPU TTU Temukan Sejumlah Dukungan Paket AYO Tak Memenuhi Syarat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU TTU Temukan Sejumlah Dukungan Paket AYO Tak Memenuhi Syarat


VERIFIKASI FAKTUAL. Tim dari KPU TTU saat melakukan verifikasi faktual terhadap syarat dukungan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independen, Agustinus Talan-Yosep Akoit. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

KPU TTU Temukan Sejumlah Dukungan Paket AYO Tak Memenuhi Syarat


Saat Proses Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bapaslon Independen

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah melakukan verifikasi faktual (Vertual) terhadap syarat dukungan yang telah diajukan oleh Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan, Agustinus Talan-Yosep Akoit (Paket AYO). Hari ini merupakan hari keenam proses Vertual dilakukan petugas.

Rupanya, syarat dukungan yang diajukan Paket AYO dilakukan secara sepihak tanpa mendatangi konstituen terdahulu sehingga adanya protes dari masyarakat saat tim dari KPU mendatangi konstituen untuk melakukan vertual. Selain itu juga, terdapat aparatur sipil negara (ASN) TNI-Polri bahkan penyelenggara yang Kartu tanda penduduknya (KTP) ikut terdaftar dan disertakan sebagai syarat dukungan.

Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka kepada Timor Express, Jumat (3/7) mengatakan, KPU sudah enam hari melakukan proses vertual terhadap syarat yang diajukan oleh Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati jalur Independen, Agustinus Talan-Yosep Akoit, dan akan berlangsung selama 14 hari.

“Sudah enam hari tim melakukan verifikasi faktual, dan kita menemukan banyaknya syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat karena ada ASN, TNI-Polri, perangkat desa bahkan penyelenggara yang terdaftar dalam syarat dukungan untuk Paket Ayo,” ungkap Paulinus.

Paulinus menyebutkan, Tim KPU juga menemukan banyaknya syarat dukungan yang diajukan Paket Ayo saat ini berada di luar daerah sehingga Tim mengalami kesulitan saat proses vertual.

Meski demikian, jelas Paulinus, dari hasil temuan lapangan tersebut KPU belum menyimpulkan apakah Paket Ayo lolos verifikasi faktual atau tidak, lantaran tim masih melakukan verifikasi sampai dengan tanggal 11 Juli mendatang.

“Kita belum pastikan lolos atau tidak karena tim sementara melakukan verifikasi faktual. Kalau untuk syarat dukungan yang sementara berada di luar daerah kita minta kepada Paket Ayo untuk mendatangkan mereka sampai batas waktu verifikasi,” tegas Paulinus.

Ketua Bawaslu TTU, Martinus Kolo kepada Timor Express, Jumat (3/7) mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap proses vertual untuk pasangan calon independen yang dilakukan KPU dengan memperhatikan protokol Covid-19.

Sesuai hasil pengawasan lapangan yang dilakukan Panitia Pengawas di tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa, kata Martinus, ditemukan adanya syarat dukungan yang memenuhi syarat dan ada juga syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat.

“Sudah enam hari kita melakukan pengawasan terhadap proses verifikasi. Kita temukan adanya syarat dukungan yang memenuhi syarat ada juga yang tidak memenuhi syarat,” beber Martinus.

Menyinggung terkait dengan kendala yang dialami oleh panitia pengawasan saat proses verifikasi faktual, jelas Martinus, sejauh ini pihaknya belum menemui kendala di lapangan dalam melakukan pengawasan terhadap proses verifikasi faktual.

“Proses Verfak sejauh ini masih berjalan normal. Kami belum mendapatkan pengaduan langsung dari masyarakat pula untuk tahapan ini,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top