2 Fraksi Setuju Bentuk Pansus DD, Uksam Selan: Bukan Cari Siapa Salah Siapa Benar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

2 Fraksi Setuju Bentuk Pansus DD, Uksam Selan: Bukan Cari Siapa Salah Siapa Benar


Ketua Komisi I DPRD TTS, Uksam Selan. (FOTO: YOPI TAPENU/TIMEX)

POLITIK

2 Fraksi Setuju Bentuk Pansus DD, Uksam Selan: Bukan Cari Siapa Salah Siapa Benar


SOE, TIMEXKUPANG.com-Dua fraksi di DPRD TTS, yakni Fraksi PKPI dan Fraksi Partai Hanura telah menyetujui untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) Dana Desa (DD) sebagai upaya tindak lanjut dari begitu banyaknya pengaduan yang masuk ke Komisi I DPRD TTS terkait pengelolaan DD di masyarakat.

“Salah satu fokus DPRD TTS saat ini adalah pengawasan pengelolaan dana desa. Pasalnya belakangan banyak sekali desa yang mengadu ke Komisi I berkaitan dengan pengelolaan dana desa. Maka dari itu, usai Pansus LKPj Bupati TTS, DPRD TTS berencana untuk membentuk Pansus Dana Desa,” ungkap Ketua Komisi I DPRD TTS, Uksam Selan, kepada Timor Express di SoE, Rabu (8/7).

Menurut Uksam, komunikasi Pansus Dana Desa telah dihembuskan, dan Fraksi PKPI serta Fraksi Partai Hanura telah menyetujuinya. “Sedangkan fraksi lainnya masih dalam tahap komunikasi internal,” kata Uksam yang juga politikus PKPI ini.

Uksam mengatakan, Pansus Dana Desa dirasa perlu, karena pengelolaan dana desa hanya sebagian kecil desa yang telah bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, sementara sebagian lainnya tidak tahu.

“Sebagian desa lainnya mengelola anggaran di bawah pengaruh pihak lain, karena kepentingan politik dan sebagainya. Sejauh ini, pengamatan kami desa yang bekerja benar-benar susuai aturan hanya sekitar 20 persen saja,” kata Uksam.

Uksam menyebutkan, banyak aspirasi masuk ke Komisi I DPRD TTS bahwa dana desa perlu diawasi lebih jauh. “Maka kami rasa perlu untuk usul dan dukung bentuk pansus. Kami komisi memang melakukan pengawasan tapi jika ada Pansus tentu akan lebih maksimal,” tegasnya.

Uksam menegaskan bahwa pembentukan Pansus Dana Desa bukan untuk mencari siapa salah dan siapa benar. Melainkan untuk mendorong pengelolaan dana desa agar lebih maksimal lagi, sehingga ke depan terdapat perubahan signifikan di desa dengan alokasi dana yang ada.

Uksam berharap agar DPRD TTS dapat membentuk Pansus Dana Desa, dan kiranya masyarakat mendukung agar apa yang dihasilkan pansus nantinya membawa perubahan berarti dalam pengelolaan dana desa dan terwujudnya kemajuan yang signifikan di desa.

“Kita harap nanti kalau Pansus Dana Desa jadi dilaksanakan, masyarakat mendukung supaya Pansus bisa menemukan solusi terbaik dalam pengelolaan dana desa,” pungkas Uksam. (yop)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top