Bank NTT Donasikan APD ke Puskesmas Borong, Yosefina: Kunjungan Sangat Berharga | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bank NTT Donasikan APD ke Puskesmas Borong, Yosefina: Kunjungan Sangat Berharga


Pinca Bank NTT Borong, Nurchalis, Wakil Pinca Petrus Soba Lewar, Ketua dan Wakil Ketua Perwaban, dan karyawan-karyawati Bank NTT pose bersama Kepala Puskesmas, Yosefina Nirma usai penyerahan bantuan APD di Puskesmas Borong, Senin (6/7). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

BISNIS

Bank NTT Donasikan APD ke Puskesmas Borong, Yosefina: Kunjungan Sangat Berharga


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Bank NTT Cabang Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Senin (6/7) siang, mendonasikan sejumlah alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis di Puskesmas Borong. Selain APD, Bank milik masyarakat NTT ini juga melakukan aksi peduli bagi pasien di Puskesmas Borong.

Sumbangan APD itu diserahkan secara langsung Pemimpin Cabang (Pinca) Bank NTT Borong, Nurchalis Tahir, dan diterima Kepala Puskesmas Borong, Yosefina Nirma, bertempat di Puskesmas Borong, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong. Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Pinca Bank NTT Borong, Petrus Soba Lewar, Ketua dan Wakil Ketua Persatuan Wanita Bank NTT (Perwaban) Cabang Borong, Iswati Wahid dan Fransiska Lingi Kolin, karyawan-karyawati Bank NTT, dan pegawai Puskesmas Borong.

Usai penyerahan APD, manajemen Bank NTT Cabang Borong didampingi Yosefina Nirma berkunjung ke ruang rawat pasien dan memberi bantuan sejumlah uang tunai.

“Bantuan APD dan aksi peduli kasih kepada pasien, bagian dari kepedulian dan rangkaian kegiatan menyongsong HUT ke-58 Bank NTT, yang jatuh pada 17 Juli 2020,” jelas Pinca Bank NTT Cabang Borong, Nurchalis, kepada TIMEXKUPANG.com di sela-sela penyerahan APD.

Menurut Nurchalis, bantuan uang tunai kepada pasien itu dikhususkan bagi pasien dari keluarga ekonomi lemah. Dengan bantuan tersebut, Nurchalis berharap dapat membantu meringankan beban biaya pengobatan atau keperluan pasien selama dirawat di Puskesmas Borong. Termasuk bantuan APD, agar tenaga medis bisa aman dalam melayani masyarakat.

“APD ini untuk melindungi tenaga medis yang berupaya menangani dan mencegah sebaran virus korona. Mereka ini ujung tombak dalam penanganan virus korona. Agar tenaga medis dapat bekerja dengan aman dalam melayani masyarakat atau pasien, maka APD tidak boleh kurang,” ujar Nurchalis.

Bantuan APD ke Puskesmas Borong, kata Nurchalis, juga merupakan peran Bank NTT dalam mencegah dan mengantisipasi adanya Covid-19 di Kabupaten Matim.

Ketua Perwaban Cabang Borong, Iswati Wahid, dan Wakil Ketua Fransiska Lingi Kolin foto bersama salah satu pasien dan Kepala Puskesmas Borong, Yosefina Nirma. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

Nurchalis menyebutkan, bantuan APD itu terdiri dari face shield, masker, dan hand sanitizer. “Bantuan yang ada tidak seberapa nilainya. Tapi bagi kita, disini ada nilai kepedulian. Apalagi perang melawan Covid-19 ini, bukan saja tugas pemerintah, tapi peran semua orang. Kami juga berharap bantuan APD ini dapat mengurangi kesulitan para tenaga medis untuk mendapatkan perlengkapan APD yang dibutuhkan dalam melayani pasien,” ungkap Nurchalis.

Dikataka, pihak Bank NTT tentu terus memberikan edukasi kepada masyarakat Matim, untuk bisa mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu caranya, tentu dengan mengikuti semua protokol kesehatan. Seperti pakai masker, hindari kerumunan, jaga jarak, hindari berjabat tangan, dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

“Saya mengajak semua orang, untuk bekerja sama dalam perangi penyebaran Covid-19. Selain bantuan ke Puskesmas Borong, Bank NTT juga melakukan kegiatan pengobatan gratis bagi warga di Desa Wae Ngori, Kecamatan Rana Mese. Kegiatan, Minggu (5/7) kemarin dan merupakan kerja sama dengan PMI bersama Klinik PK A&A Rachmat,” katanya.

Kepala Puskesmas Borong, Yosefina Nirma, menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada pihak Bank NTT Cabang Borong atas kepedulianya mendonasikan APD untuk Puskesmas itu. Termasuk aksi yang luar biasa dan bermakna, dengan memberikan bantuan uang tunai kepada pasien yang sedang menjalani perawatan.

“Bagi kami, kunjungan dari Bank NTT cabang Borong hari ini, sangat luar biasa dan berharga. Karena selain bantu APD, Bank NTT juga melakukan aksi peduli kepada pasien di Puskesmas Borong. Sehingga saya menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak Bank NTT,” ujar Yosefina.

Menurut Yosefina, selama ini pihaknya juga menerima bantuan APD dari beberapa lembaga, termasuk sumbangan vitamin. Puskesmas Borong selalu menerima berbagai bantuan dengan bersyukur, tidak pandang berapa besar atau nilai dari bantuan yang diserahkan. Tapi disana ada nilai kepedulian. Khususnya peran donatur terhadap penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saya melihat ini donasi kemanusiaan yang patut diapresiasi. Bersyukur kabupaten kita masih zona hijau. Tapi saya berharap, jangan karena zona hijau, lalu kita abaikan protokol kesehatan. Mari kita semua berperang melawan penyebaran virus korona ini,” kata Yosefina.(Krf3)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top