KPU Malaka Gelar Bimtek PPK, Ini Paparan Kadis Dukcapil | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU Malaka Gelar Bimtek PPK, Ini Paparan Kadis Dukcapil


Kadis Dukcapil Malaka, Ferdynandus Rame (kiri) bersama Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak saat diwawancarai wartawan. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

POLITIK

KPU Malaka Gelar Bimtek PPK, Ini Paparan Kadis Dukcapil


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 bagi PPK se Malaka bertempat di Aula SPPS Betun, Selasa (7/7).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malaka, Ferdynandus Rame yang hadir sebagai pemateri menjelaskan bahwa Dukcapil dan KPU harus membangun kerja sama yang baik demi menghasilkan data kependudukan yang akurat dalam proses pelaksanaan Pilkada serentak di Malaka.

Pada kesempatan itu Ferdynandus memberi contoh dokumen yang benar kepada PPK sebagai peserta Bimtek sehinga pada saat melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di lapangan tidak salah. “Jika ada kesalahan maka bisa dicocokan dengan data Dispendukcapil agar saat melakukan pencoklitan datanya tidak salah,” kata Ferdynandus.

Ferdynandus menyebutkan, sampai semester pertama tahun ini, jumlah penduduk di Kabupaten Malaka sebanyak 194.278 jiwa. Namun di semester kedua 2020, jumlah penduduk pasti akan berbeda karena akan bertambah. Dengan adanya Covid-19 ini, ada manfaat ganda untuk Dispendukcapil melakukan pendataan kembali.

Hal lain yang disampaikan Ferdynandus dalam Bimtek itu adalah potensi penambahan jumlah pemilih yang sudah berusia 17 tahun saat hari pencoblosan.

Terkait hal ini, kata Ferdynandus, pihaknya bersama KPU masih meminta petunjuk pusat. Persoalan lain, kata Ferdinandus, adalah masalah adanya warga Malaka yang KTP-nya masih menggunakan kop KTP Kabupaten Belu, namun beralamat di Malaka. Ini juga akan dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan KPU pusat agar bisa bisa diperbaiki.

Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak saat dikonfirmasi usai kegiatan Bimtek mengatakan, KPU dan Dispendukcapil bersinergi untuk mendapatkan data pemilih yang akurat, sehingga saat Pilkada nanti tidak menimbulkan persoalan. Untuk itulah dihadirkan pemateri dari Dispendukcapil Malaka.

Makarius mengatakan, dengan Bimtek untuk PPK, tahap selanjutnya PPK secara berjenjang mengadakan Bimtek untuk PPS dan PPDP tanggal 11 – 13 Juli dengan monitoring KPU.

Makarius menyebutkan, saat ini pihaknya tengan memproses pembentukan petugas Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih (PPDP), dan mereka mulai bekerja terhitung 15 Juli – 13 Agustus untuk proses coklit.

Makarius menjelaskan, pada Pilkada Malaka 2020 ini, dari jumlah penduduk 194.278 jiwa tersebut, yang akan menjadi pemilih sebanyak 153 ribu orang. Sedangkan jumlah TPS, sebelum Covid-19 telah ditetapkan sebanyak 325 TPS. Namun karena pandemi Covid-19, dimana proses Pilkada diharuskan menerakan protokol kesehatan Covid-19, maka ada penambahan 70 TPS menjadi 395 TPS.

“Jadi total pemilih untuk setiap TPS nanti berjumlah 500 orang dan pelaksanaan pemungutan suara nanti menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkas Makarius. (mg30)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top