Satu Kasus Positif Covid-19 Klaster Solo Masuk Sumba Timur | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Satu Kasus Positif Covid-19 Klaster Solo Masuk Sumba Timur


KETERANGAN PERS. Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana (kiri) saat memberi keterangan pers terkait perkembangan penanganan Covid-19 di wilayah itu, kemarin (7/7). (FOTO: Sepritus/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Satu Kasus Positif Covid-19 Klaster Solo Masuk Sumba Timur


Total 12 Kasus di Sumba Timur, 9 Sembuh, 3 Masih Dirawat

WAINGAPU, TIMEXKUPANG.com-Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana kembali menyampaikan adanya tambahan satu kasus positif terkonfirmasi korona di Kabupaten Sumba Timur, saat jumpa pers di aula Kantor Dinas Kesehatan Sumba Timur, kemarin (7/7). Dokter Chrisnawan menyatakan, penambahan kasus positif ini merupakan pasien 012.

Dokter Chrisnawan menjelaskan, pada 1 Juli 2020, Satuan Gugus Tugas mengirim sebanyak 28 sampel swab ke RSUD Prof. W. Z. Johanes Kupang. 28 sampel itu merupakan hasil swab dari kasus 09, kasus 010 dan kasus 011 serta kontaknya. Pada 3 Juli, dari pemeriksaan laboratorium, ada 27 sampel yang telah diterima hasilnya, dimana tiga sampel terkonfirmasi positif, sedangkan sisanya negatif. Kemudian pada 6 Juli, diperoleh lagi hasil dari satu sampel tersisa, dimana hasil labnya negatif.

“Dari 3 sampel yang terkonfirmasi positif itu, dua sampel dari pasien positif lama, sedangkan 1 sampel yang hasilnya positif merupakan kasus baru dari klaster Solo. Pasien positif itu dari Kelurahan Temu, Kecamatan Kanatang. Ini berasal dari klaster baru karena tidak memiliki kontak dengan pasien positif lain sebelumnya,” jelas dr. Chrisnawan.

Menurut dr. Chrisnawan, untuk hasil swab yang diterima pada 3 Juli itu, ada salah satu pasien yang hasilnya negatif, yakni dari pasien 010, dan ini merupakan swab negatif kedua sehingga pasien 010 itu dinyatakan sembuh.

Dokter Chrisnawan menambahkan, pada Senin (6/7), Satgas Covid-19 Sumba Timur kembali mengirim 115 sampel lagi ke Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Sampel swab ini merupakan spesimen dari warga yang berkontak erat dengan pasien positif 09 dan 010 yang kembali diambil untuk swab kedua, juga sampel Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumba Timur, dan kontak dari pasien positif 012.

“Jadi masih ada tiga pasien positif yang masih dirawat di rumah sakit dan ketiga kasus positif dalam kondisi baik-baik saja. Dengan penambahan kemarin satu lagi kasus, maka jumlah terkonfirmasi positif kita jadi 12 orang. Tiga pasien masih dirawat dan sembilan orang sudah sembuh,” urai dr. Chrisnawan.

Dokter Chrisnawan menyatakan, Tim Satgas Covid-19 Sumba Timur mengimbau kepada seluruh masyarakat agar patuh dan taat dalam menjelankan protokol kesehatan Covid-19 agar terhindar dari bahaya virus korona. “Disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta mempriotitaskan usia-usia rentan seperti lansia dan bayi,” pungkasnya. (mg31)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top