1.116 Calon Mahasiswa Ikut Seleksi UTBK-SBMPTN di Unimor | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

1.116 Calon Mahasiswa Ikut Seleksi UTBK-SBMPTN di Unimor


UJIAN. Tampak Peserta seleksi UTBK-SBMPTN sementara mengerjakan soal ujian berbasis komputer, di Laboratorium Komputer, Unimor, Kamis (9/7). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PENDIDIKAN

1.116 Calon Mahasiswa Ikut Seleksi UTBK-SBMPTN di Unimor


Proses Seleksi Menerapkan Protokol Covid-19

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 1.116 calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) di Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Kamis (9/7).

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun akademik 2020-2021 tersebut berlangsung selama lima hari, menggunakan ruangan laboratorium komputer kampus negeri di TTU itu. Proses ujian seleksi dibagi dalam dua sesi setiap hari dengan jumlah peserta sebanyak 240 calon mahasiswa per hari.

Pantauan langsung Timor Express, Kamis (9/7) di Depan Gedung Laboratorium Komputer terdapat sebuah posko yang ditempati Tim Medis dari Puskesmas Tublopo dan Akper Belu. Setiap peserta UTBK-SBMPTN sebelum memasuki ruangan ujian diwajibkan mengukur suhu tubuh dan mencuci tangan. Seluruh Peserta wajib menggunakan masker. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilaksanakan sesuai dengan protokol Covid-19.

Ketua Panitia Pelaksana UTBK-SBMPTN Unimor, Werenfridus Taena kepada Timor Express, Kamis (9/7) mengatakan, pelaksanaan ujian seleksi kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini seluruh peserta mengikuti ujian berbasis komputer sedangkan tahun sebelumnya terdapat dua pola yang digunakan, yakni ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tulis berbasis kertas pensil (UTKP).

“Pola ujian seleksi tahun ini semuanya berbasis komputer kalau tahun lalu ada dua pola yang dipakai yakni UTBK dan UTKP,” jelas Werenfridus.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unimor itu menambahkan, peserta yang mengikuti UTBK-SBMPTN tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 1.116 orang, berasal dari TTU, Belu, Malaka, TTS, bahkan ada peserta yang datang dari daratan Flores, Sulawesi, Jawa, dan Sumatera.

Werenfridus menjelaskan, dari jumlah peserta tersebut, mereka akan merebut kuota pada 15 Program Studi (Prodi) yang terdapat di Unimor dari total kebutuhan mahasiswa Unimor tahun akademik 2020/2021 sebanyak 2.000 mahasiswa.

“Ada tiga tahapan seleksi untuk masuk Unimor, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Untuk SNMPTN kuota yang dibutuhkan 20 Persen, SBMPTN 50 Persen, dan Seleksi Mandiri 30 Persen,” jelasnya.

Werenfridus berharap, seluruh peserta UTBK-SBMPTN Unimor dapat mengerjakaan seluruh soal dengan baik dan cermat sehingga bisa lolos seleksi masuk perguruan tinggi yang terdapat di daerah perbatasan ini. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top