KPU TTU Temukan Hal Mengejutkan Ini saat Vertual Syarat Calon Independen | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU TTU Temukan Hal Mengejutkan Ini saat Vertual Syarat Calon Independen


Komisioner KPU TTU, saat menerima berkas pendaftaran dan dukungan Bapaslon Independen, Agustinus Talan-Yosep Akoit (kiri). (FOTO: Petrus Usboko/TIMEX)

POLITIK

KPU TTU Temukan Hal Mengejutkan Ini saat Vertual Syarat Calon Independen


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menemukan hal mengejutkan saat proses verifikasi faktual (Vertual) syarat dukungan bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati TTU jalur independen atau perseorangan.

Saat melakukan verifikasi di lapangan, KPU menemukan banyaknya syarat dukungan yang diajukan oleh Bapaslon Bupati-Wabup TTU Jalur Independen, Agustinus Talan-Yosep Akoit yang saat ini berada di luar wilayah Kabupaten TTU. Saat ini KPU sudah melakukan vertual di hari ke-11, dan akan berakhir pada 11 Juni 2020 pukul 16.00 Wita.

“Kita sudah koordinasi dengan tim penghubung Paslon Independen untuk menghadirkan dukungan yang berada di luar daerah karena ini yang menjadi masalah utama yang ditemukan tim saat verifikasi faktual,” kata Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka di Kefamenanu, Kamis (9/7).

Komisioner yang akrab disapa Polce itu menambahkan, proses vertual saat ini hampir rampung dilakukan di setiap Desa dan kelurahan. Bahkan terdapat desa yang telah rampung proses vertualnya karena syarat dukungan yang diajukan jumlahnya sedikit.

Agar proses vertualnya tuntas tepat waktu, lanjut Polce, pihaknya mengarahkan petugas yang telah selesai melakukan verifikasi dilokasinya untuk membantu petugas lain yang belum selesai melakukan verifikasi, terutama di desa atau kelurahan yang banyak jumlah dukungannya.

“Kalau untuk desa atau kelurahan yang sudah selesai lakukan verifikasi, kita datangkan timnya untuk membantu desa dan kelurahan yang belum selesai sehingga ketika sampai batas waktu yang ditetapkan, semua proses verifikasi sudah tuntas,” jelasnya.

Terkait kesiapan APD, kata Polce, KPU telah menyiapkan sesuai tahapan Pilkada. Jadi misalnya dalam tahapan vertual ini, KPU membekali tim di setiap desa dan kelurahan dengan APD yang memadai.

Sementara, Balon Bupati Jalur Independen, Agustinus Talan ketika dikofirmasi Timor Express melalui telepon seluler (9/7) mengatakan, pihaknya sangat menghargai proses verifikasi faktual yang sementara dilakukan KPU.

Menyinggung terkait kendala yang dialami KPU dalam melakukan verifikasi, dimana banyak syarat dukungan yang berada di luar daerah, menurut Agus Talan, pihaknya sementara berupaya mendatangkan pendukung yang sementara ini berada di luar daerah sebelum batas waktu vertual berakhir.

“Kita hargai proses yang sementara berlangsung di KPU. Kalau untuk syarat dukungan yang sementara berada di luar daerah kita akan datangkan untuk memberikan keterangan kepada KPU,” katanya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top