Ruang Isolasi Covid-19 Belum Rampung, Sebagian Peralatan Medis dalam Pengiriman | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ruang Isolasi Covid-19 Belum Rampung, Sebagian Peralatan Medis dalam Pengiriman


BELUM RAMPUNG. Tampak bangunan ruang isolasi pasien Covid-19 yang belum rampung dikerjakan. Gambar diabadikan Jumat (10/7). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Ruang Isolasi Covid-19 Belum Rampung, Sebagian Peralatan Medis dalam Pengiriman


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu yang telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Seccond Line rujukan kasus coronavirus disease 2019 (Covid-19) hingga kini belum memiliki fasilitas ruang isolasi yang siap pakai. Padahal penetapan sebagai RS second line ini telah melalui peraturan Gubernur NTT Nomor: 20/KEP/HK/2020 tertanggal 24 Maret 2020.

Pantauan langsung Timor Express, Jumat (10/7) di ruang isolasi yang disiapkan oleh RSUD Kefamenanu, tepat di bagian utara dari rumah sakit milik pemerintah itu baru dikerjakan setelah ada pasien positif Covid-19. Tampak para tukang sementara mengerjakan gedung tersebut sehigga belum bisa dikatakan rampung pekerjaannya.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, Jumat (10/7) mengatakan, kondisi fisik ruang isolasi yang akan digunakan merawat pasien positif Covid-19 saat ini baru mencapai 80 persen.

Menurut Kristo Ukat, ruang isolasi yang disiapkan itu ada tiga kamar, dan diperkirakan baru akan rampung dikerjakan dalam dua pekan ke depan.

BACA JUGA: TTU Zona Merah, 7 Orang Karantina Terpusat, 13 Karantina Mandiri

“Kondisi fisik di lapangan baru mencapai 80 persen. Kita pastikan dua minggu lagi bangunan ruang isolasi ini sudah bisa digunakan untuk merawat pasien positif Covid-19,” ungkap Kristo Ukat.

Terkait kelengkapan fasilitas kesehatan, kata Kristo, pihak RSUD Kefamenanu telah mengadakan sebagian dari fasilitas kesehatan yang akan digunakan untuk merawat pasien positif covid-19 sedangkan sebagian alat lainnya masih dalam proses pengiriman.

Disebutkan, kendala yang dialami pihak RSUD Kefamenanu dalam mendapatkan sejumlah fasilitas pendukung tersebut lantaran sebagian alat didatangkan dari daerah zona merah sehingga mengalami kendala dalam proses pengiriman.

“Beberapa sarana kesehatan pendukung lainnya untuk ruang isolasi sudah sudah ada di Kefamenanu sehingga begitu fisik selesai peralatan dipasang dan langsung bisa digunakan,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top