Bank NTT-Perumda Tirta Komodo Lakukan PKS, Bupati Manggarai: Ini Inovasi Baru | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bank NTT-Perumda Tirta Komodo Lakukan PKS, Bupati Manggarai: Ini Inovasi Baru


TEKEN PKS. Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Man Klemens (kiri) dan Pinca Bank NTT Ruteng, Soleman Bisilissin (kedua kiri) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama disaksikan Bupati Deno Kamelus (kanan), Wabup Viktor Madur, Sekda Fansi Jahang, dan Pastor Paroki St. Pio Langke Majok, Arnodus Noferi. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

BISNIS

Bank NTT-Perumda Tirta Komodo Lakukan PKS, Bupati Manggarai: Ini Inovasi Baru


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Guna mempermudah pelanggan membayar rekening air bulanan, Perusahan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Komodo, Kabupaten Manggarai, melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Bank NTT Cabang Ruteng, Jumat (10/7). Dengan demikian, pembayaran rekening air sudah melalui Bank NTT.

Terpantau, penandatanganan PKS ini dilakukan Direktur Perumda Air Tirta Komodo, Klemens Man dan Pemimpin Cabang (Pinca) Bank NTT Ruteng, Soleman M. Bisilissin. Kegiatanya berlangsung di halaman gereja Paroki St. Pio Langke Majok, Desa Nao, Kecamatan Satar Mese Utara.

Penandatanganan PKS itu disaksikan langsung Bupati Manggarai, Deno Kamelus, dan Wakil Bupati, Viktor Madur, juga Sekda, Fansi Jahang. Hadir dalam momen itu, Pastor Paroki St. Pio Langke Majok Arnodus Noferi, sejumlah pimpinan OPD, Camat Satar Mese dan Camat Satar Mese Utara, Forkopimca, sejumlah kepala desa, dan tokoh adat.

Selain acara PKS, juga dilakukan peresmian pelayanan Perumda Air Minum Tirta Komodo oleh Bupati Kamelus untuk ibu kota Kecamatan Satar Mese Utara.

Bupati Deno juga mengesahkan logo Perumda Air Minum Tirta Komodo, dan melakukan testimoni pembayaran rekening bagi tiga pelanggan air minum secara gratis melalui mobil kas keliling Bank NTT.

Rombongan Bupati tiba di desa itu, disambut secara adat kepok curu dan kapu, oleh masyarakat. “Saya menyambut dengan baik PKS yang dilakukan Perumda Air Minum Komodo dan Bank NTT Cabang Ruteng. Ini inovasi baru untuk memudahkan para konsumen dalam hal melakukan pembayaran rekening air bulanan,” ujar Bupati Deno saat menyampaikan sambutan pada acara itu.

Menurutnya, ini kabar gembira bagi masyarakat konsumen Perumda Air Minum Tirta Komodo. Pelanggan tidak perlu susah-susah datang ke kantor Perumda Air Minum Tirta Komodo, tapi bisa dilakukan pada Bank NTT. Tidak saja di Manggarai, tapi juga seluruh NTT. Bahkan bisa dilakukan dimana saja di seluruh Indonesia melalui program jaringan eletronik seperti ATM dan SMS Banking.

“Ini satu inovasi baru mengenai tata laksana pengelolaan keuangan. Dengan sistem ini secara transparan dan akutabel. Sehingga saya menyampaikan proficiat dan terima kasih kepada pimpinan dan staf Bank NTT juga kepada Perumda Air Minum Bersih Tirta Komodo. Disini sudah menujukan kerja untuk masyarakat Manggarai,” ungkap Bupati Deno.

Bupati Deno mengharapkan, kerja sama ini berdampak pada dua hal, yakni mengurangi kebocoran air dalam pelayanan kepada warga, dan mengurangi kebocoran dalam hal penagihan maupun pembayaran. Kepuasan pelanggan juga tentu menjadi prioritas. Selain itu, pelanggaran air makin aktif membayar tagihan rekening air bulanan.

Pinca Bank NTT Cabang Ruteng, Soleman M. Bisilissin, menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk Pemkab Manggarai, karena melalui Perumda Air Minum Tirta komodo, Bank NTT diberi kesempatan untuk bisa bekerja sama. Dalam hal peningkatan pelayanan maupun kemudahan, serta pendekatan pelayanan kepada masyarakat Manggarai.

Soleman menjelaskan, tujuan dari PKS itu, Bank NTT dengan Perumda Air Minum Tirta Komodo Manggarai, tentu mau bersepakat untuk memudahkan masyarakat pemanfaat air di seluruh Kabupaten Manggarai. Dimana masyarakat dapat melakukan atau membayar kewajiban pemakaian airnya melalui Bank NTT.

“Biasanya kalau kita mau membuat suatu kesepakatan kerja sama, tanda tangan dulu baru ection pembayaran. Tetapi disini kita jalan dulu pembayaranya, baru PKS. Awal-awal kami masih menyediakan pembayaran secara tunai. Kedepan akan mendorong supaya melalui program SMS Banking, ATM, dan program pembayaran jaringan eletronik lainya,” kata Soleman.

Bank NTT, lanjut Soleman, juga mau mendorong masyarakat pemanfaat air, supaya bisa lebih produktif. Artinya air yang ada, jika kebutuhan pokok terpenuhi, bisa dimanfaatkan untuk usaha holtikultura atau perkebunan. Bank NTT siap mendukung, dengan menggali potensi yang ada untuk dikembangkan.

“Dengan masyarakat kita bisa kerjasama apa saja. Tujuannya untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Kami sudah banyak kerja sama dengan masyarakat. Kami mau sampaikan, jangan bosan-bosan dengan Bank NTT. Ke depan kalau ingat bank, ya ingat Bank NTT,” pesan Soleman.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Man Klemens, kepada TIMEXKUPANG.com di sela-sela acara itu menjelaskan, PKS yang dilakukan ini untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan dalam hal pembayaran tagihan PDAM. Dengan adanya kerjasama ini tidak ada lagi alasan bagi pelanggan untuk menunggak.

“Ini merupakan terobosan yang sangat bagus dilakukan pihak Bank NTT. kita berharap kerjasama ini dapat terus berjalan. Dalam hal ini, semua pihak terkait dapat saling terbantu. Kerja sama yang dilakukan ini untuk memberikan akses kemudahan dalam melakukan pembayaran,” ujar Klemens.

Menurutnya, saat ini total pelanggan Perumda Air Minum Tirta Komodo di Kabupaten Manggarai, sebanyak 26 ribu lebih. Untuk instalasi Ibu Kota Kecamatan (IKK) Satar Mese Utara, sebanyak 471 pelanggan, yakni di Desa Cireng dan Desa Nao. Untuk kabupaten Manggarai, masih tiga kecamatan yang belum dilayani Perumda Air Minum Tirta Komodo.

“Tiga kecamatan ini, yakni Reo Barat, Rahong Utara, dan Lelak. Di tiga kecamatan ini, sarana air minum sudah dibangun oleh Pemerintah Manggarai melalui Dinas PUPR, hanya pengelolaanya belum ke Perumda. Sumbangan dari kita untuk PAD itu sebasar Rp 500 juta. Ini sudah tahun kedua,” beber Klemens. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top