IARMI NTT dan Kodim Kupang Bangun Fasilitas Outbound di Semau | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

IARMI NTT dan Kodim Kupang Bangun Fasilitas Outbound di Semau


SIAP BANGUN. Tim IARMI NTT dan Kodim 1604/Kupang saat melakukan penjajakan lokasi yang akan dibangun fasilitas Outbond, di Desa Naikean, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Minggu (12/7). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

IARMI NTT dan Kodim Kupang Bangun Fasilitas Outbound di Semau


Fahmi Harap Jalan Segera Diperhatikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Geliat pariwisata di Pulau Semau Kabupaten Kupang, Provinsi NTT menarik perhatian banyak pihak. Bukan hanya pengusaha yang ingin menanamkan modal di sana.

Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Provinsi NTT dan Kodim 1604/Kupang menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan pariwisata di pulau yang ada di depan Kota Kupang itu.

“IARMI dan Kodim Kupang segera membangun fasilitas outbound di Desa Naikean, Kecamatan Semau Selatan,” ungkap Ketua IARMI NTT, Fahmi Abdullahi kepada Timor Express, Minggu (12/7).

Fahmi jelaskan, dirinya baru saja bersama tim, yakni IARMI NTT dan Kodim 1604/Kupang melakukan survei di Pulau Semau sejak Sabtu-Minggu.

“Kami pilih Semau, karena pantainya bagus, pasirnya tebal dan jarak pantai sampai ke Bukit Liman luar biasa bagus. Kami akan bangun fasilitas outbound seperti flying fox, triangle bridge, tangga jaring, sky tunnel, midle rope, high rope, ayunan tarsan, spider net dan lainnya,” jelas Fahmi yang juga Ketua Pengurus Wilayah Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) NTT itu.

Fahmi tambahkan, fasilitas outbound pertama di NTT itu dibangun di atas lahan milik warga dengan sistem kontrak bagi hasil. Tidak dibeli oleh pihaknya. Sehingga masyarakat ikut mengelola fasilitas tersebut sebagai penunjang pariwisata di Pulau Semau.

Proses pembangunannya, lanjut dia, dimulai tahun 2020 ini dengan melibatkan IARMI Jawa Timur. Pasalnya, IARMI Jawa Timur telah memiliki beberapa titik fasilitas outbound yang bisa menjadi contoh untuk NTT.

Dia jelaskan, di dekat lokasi tersebut sudah ada resort, yakni Hlaen Ana Resort. Ke depan, rencananya Bank Indonesia akan membangun villa di dekat lokasi tersebut.

“Jadi kita tinggal lengkapi saja dengan arena outbound dan beberapa kamar untuk yang datang secara rombongan. Apa adanya dulu, mungkin kita siapkan juga tenda peleton dan tenda regu biar suasana alam betul terasa. Sasaran kita itu lembaga dan instansi yang ada di Kupang. Sekolah dan kampus-kampus,” paparnya.

Mantan Ketua BPD HIPMI NTT itu yakin, potensi pariwisata Pulau Semau tidak kalah dengan Bali dan NTB yang sudah lebih dulu dikelola secara baik.

Fahmi yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Semau itu mengatakan, Pulau Semau seperti sorga tersembunyi yang akan menjadi masa depan pariwisata NTT. Apalagi letaknya persis di depan Kota Kupang.

Sebagai pengusaha, Fahmi akui para investor dipastikan akan berlomba-lomba berinvestasi di Semau. Namun dia berharap pemerintah memperhatikan infrastruktur jalan di sana.

“Pemerintah telah menetapkan Semau sebagai salah satu dari tujuh destinasi pariwisata utama di NTT, semoga diikuti dengan kebijakan anggaran. Mnimal mulai dengan perbaikan atau hotmix jalan di sana,” tutup dia. (cel)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top