Hasil Swab 7 Warga TTU Negatif, Kondisi Pasien Positif Covid-19 Stabil | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hasil Swab 7 Warga TTU Negatif, Kondisi Pasien Positif Covid-19 Stabil


Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Hasil Swab 7 Warga TTU Negatif, Kondisi Pasien Positif Covid-19 Stabil


Warga yang Kontak dengan Mahasiswi Kedokteran Undip Semarang Asal TTU

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim Gugus Tugas (TGT) Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) resmi mengumumkan hasil swab dari Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Sampel Swab dari tujuh orang yang kontak langsung dengan mahasiswi Kedokteran Undik Semarang, Jawa Tengah yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu hasilnya dinyatakan negatif. Kondisi ketujuh orang tersebut juga sampai sekarang belum menunjukkan adanya gejala yang menyerupai gejala Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, di Kefamenanu, Senin (13/7) mengatakan, pihaknya telah menerima hasil swab dari Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang terhadap sampel dari tujuh orang yang merupakan keluarga inti dari pasien positif Covid-19, dan kini menjalani karantina di Rusunawa BTN.

“Ini adalah kabar gembira bagi masyarakat TTU karena hasil swab dari tujuh orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang diuji di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang resmi dinyatakan negatif,” ungkap Kristo.

Terkait kondisi kesehatan pasien 01 positif Covid-19 di TTU, jelas Kristo, sejak diamankan dari rumah orang tuanya untuk menjalani karantina di Rusunawa BTN, Desa Naiola Timur, Kecamatan Bikomi Utara hingga kini belum menunjukkan gejala yang serius.

BACA JUGA: Gugus Tugas TTU Tunggu Hasil Lab Swab 7 Orang yang Kontak dengan Mahasiswi Kedokteran

Meski demikian, lanjut Kristo, Tim Gugus Tugas masih akan melakukan uji swab kembali terhadap pasien positif Covid-19 dihari ke-14 untuk memastikan kondisi kesehatannya, apakah hasilnya negatif atau masih tetap positif Covid-19.

“Kalau untuk kondisi pasien positif covid-19 01 di Kabupaten TTU itu belum ada gejala yang menonjol. Kondisinya sejak awal diamankan sampai sekarang masih normal. Kita masih tunggu sampai 14 hari kedepan untuk ambil sampel swab lagi,” jelasnya.

Menurut Kristo, ketujuh orang yang hasil swab dinyatakan negatif itu akan tetap menjalani masa karantina terpusat di Rusunawa sampai dengan 14 hari ke depan dan akan kembali dilakukan uji swab di hari ke-14 guna memastikan kondisi kesehatan dari ketujuh orang tersebut.

Sedangkan untuk 13 orang hasil tracking terhadap ayah dari pasien positif Covid-19 itu saat ini tetap menjalani karantina mandiri dibawah pengawasan Tim Medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten TTU.

“Walaupun hasilnya negatif namun mereka masih tetap dikaratina selama 14 hari. Sedangkan 13 orang hasil tracking dari ayahnya itu juga tetap melakukan karantina mandiri,” ujar Kristo.

Kristo juga mengimbau semua pihak untuk tetap menjaga situasi dan kondisi di TTU. Apalagi, tren kriteria orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di TTU masih cukup tinggi. Update terbaru, jumlah ODP di TTU sebanyak 72 orang, sedangkan untuk kriteria orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 12 orang.

Melihat kondisi ini, menurut Kristo, TTU belum bisa dikatakan aman dari penyebaran Covid-19, sehingga semua masyarakat tetap dihimbau untuk mengikuti prinsip kehati-hatian dan mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan upaya-upaya pencegahan.

“Masyarakat harus tetap taat dan disiplin akan Protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari sehingga Upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 dapat tercapai. Walaupun hasil swab dari tujuh orang dinyatakan negatif,” pungkas Kristo. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top