Jokowi Wacanakan Sanksi bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jokowi Wacanakan Sanksi bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19


Presiden RI, Joko Widodo. (FOTO: Istimewa)

NASIONAL

Jokowi Wacanakan Sanksi bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan walaupun Indonesia sedang menghadapi pandemi virus korona (Covid-19), namun masih ada saja masyarakat yang tidak peduli terhadap hal tersebut.

Presiden Jokowi mengatakan dari hasil survei di satu provinsi menyebutkan bahwa sebanyak 70 persen masyarakat tidak menggunakan masker. Sehingga hanya 30 persen saja masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan.

“Ada sebuah hasil survei di satu provinsi yang menyebutkan hanya 30 persen warga menggunakan masker sehari-hari. Selebihnya 70 presen masih berkegiatan seperti suasana sebelum pandemi, tidak memakai masker,” ujar Presiden Jokowi dalam akun Instagram miliknya @jokowi, Selasa (14/7).

Oleh sebab itu‎ dengan adanya masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan tersebut, maka wajar saja masih terjadinya penambahan angka kasus positif Covid-19. “Kalau sudah begini bagaimana angka positif kasus Covid-19 tidak menjadi tinggi,” katanya.

Dengan masih banyaknya angka 70 persen masyarakat yang tidak memakai masker tersebut, pemerintah mewacanakan akan menerapkan sanksi bagi mereka yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

“Karena itulah pemerintah tengah membawas kemungkinan penerapan sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, sanksinya macam-macam seperti kerja sosial, denda atau tidak pidana ringan.

“Ada sanksinya bisa berupa denda, kerja sosial, atau hukuman tindak pidana ringan (tipiring),” katanya.

Dengan adanya sanksi tersebut. Presiden Jokowi berharap masyarakat bisa lebih peduli dan patuh terhadap protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.”Penerapan sanksi ini diharapkan akan membuat masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan,” pungkasnya.(jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top