IKBS Jabodetabek Tunjuk Hermanus Dona jadi Plt DPP IKBS | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

IKBS Jabodetabek Tunjuk Hermanus Dona jadi Plt DPP IKBS


Plt Ketua Umum IKBS periode 2020-2021, Hermanus Malo Dona dan Sekum IKBS, Celestino Reda. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

IKBS Jabodetabek Tunjuk Hermanus Dona jadi Plt DPP IKBS


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS) di Jakarta dalam rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKBS menyepakati untuk menunjuk Herman Malo Dona sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum IKBS periode 2020-2021.

Penunjukan Herman Malo Dona dilakukan untuk menjalankan roda organisasi setelah Ketua Umum IKBS Herman Umbu Zasa, SE meninggal dunia beberapa waktu lalu. Rapat yang berlangsung secara daring Sabtu (11/7) malam lalu itu dipimpin Gustaf Tamo Bapa sebagai pemimpin sidang, dan Hermanus M. Dona sebagai Sekretaris Sidang dan Yosep Dapa Bili sebagai notulen. Selain Herman, forum pleno daring itu juga menunjuk Celetino Reda sebagai Sekretaris Umum DPP IKBS.

“Rapat Pleno dengan agenda tunggal pemilihan Plt Ketum IKBS ini kita laksanakan untuk memenuhi aturan dalam AD/ART IKBS tentang jabatan lowong, sehubungan dengan berpulangnya Ketua Umum Mikael Umbu Zasa ke rumah Bapa di Surga,” kata Sekretaris Umum Celentino Reda dalam pernyataan tertulis kepada TIMEXKUPANG.com, Rabu (15/7). Rapat pemilihan Plt Ketua Umum itu juga dihadiri Dewan Penasehat, Dewan Pakar, para ketua, para sekretaris, dan bendahara serta ketua-ketua departemen IKBS.

“Mohon dukungan dan doa dari seluruh warga IKBS agar Ketua Umum dan Sekum IKBS yang baru dapat mengemban tugas ini dengan baik demi kemajuan kita bersama dan demi Sumba yang lebih baik,” katanya lagi.

Sementara Plt Ketua DPP IKBS Hermanus M. Dona menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat Sumba di Jabodetabek yang memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengemban tugas sebagai Plt ketum IKBS 2017-2021 menggantikan Mikael Umbu Zasa (Alm).

Sebagai Plt Ketua Umum, Hermanus menyatakan dirinya bersama pengurus IKBS lainnya akan melanjutkan karya yang ditinggalkan Umbu Zasa (Alm), yakni mempersatukan warga Sumba di rantauan secara nasional untuk secara bersama memberikan sumbangsih demi Sumba yang lebih baik dan bersatu.

“Salam satu Sumba yang menjadi salam pemersatu kita akan terus kita gaungkan dan tindaklanjuti dengan aksi nyata mempersiapkan satu Sumba, satu propinsi, yakni Provinsi Sumba,” ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut dia, untuk membangun persatuan ini, akan mulai dari Jabodetabek dengan membangun Rumah Sumba, Rumah IKBS, Rumah Kita. Ini akan dilakukan secara swadaya oleh semua warga IKBS dari empat kabupaten sebagai tempat bernaungnya warga IKBS, saudara tanah marapu, tempat dimana warga Sumba bisa duduk bersama membicarakan banyak hal untuk Sumba yang lebih baik. Menarik bagi para wisatawan, para investor, dan lebih memiliki daya saing dengan pulau-pulau lain di negeri ini.

“Melalui kesempatan ini, saya bersama para ketua, Sekum, Bendum dan semua pengurus DPP IKBS memohon dukungan dari kita semua untuk program-program IKBS ke depan. Saya berharap dengan memiliki RUMAH sendiri di lahan sendiri kita bisa melakukan banyak hal secara bersama-sama termasuk menginisiasi usaha-usaha yang bisa memberdayakan warga Sumba untuk menjadikan kita lebih mandiri. Sekali lagi, terima kasih atas dukungannya,” pintanya.

Sekretaris Umum IKBS Celestino Reda berharap seluruh warga IKBS se-Jabodetabek terus menjaga, merawat, dan mengembangkan Salam Satu Sumba Menuju Provinsi Sumba, sebagai mana yang sudah dipatrikan oleh pendahulu mulai dari Prof. Manase Malo hingga Mikael Umbu Zasa.

“IKBS harus terus berupaya mewujudkan impian pemimpin-pemimpin Sumba dan IKBS sebelumnya. Selain itu, semangat gotong-royong, solidaritas, kerjasama, dan tolong menolong harus tetap menjadi roh penggerak IKBS. Semangat gotong royong itulah yang selama ini menjadi jantung pergerakan IKBS,” demikian kata Celes. (opi/aln)

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top