Bentuk Gugus Tugas Pemulihan Covid-19, Jokowi Tunjuk Erick Ketua Pelaksana | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bentuk Gugus Tugas Pemulihan Covid-19, Jokowi Tunjuk Erick Ketua Pelaksana


Menteri BUMN, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Pemulihan Covid-19 dan Ekonomi Nasional, Erick Thohir. (FOTO: Dok. Humas Kementerian BUMN)

NASIONAL

Bentuk Gugus Tugas Pemulihan Covid-19, Jokowi Tunjuk Erick Ketua Pelaksana


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah membentuk Gugus Tugas Pemulihan Covid-19 dan Ekonomi Nasional untuk membawa Indonesia pulih dari krisis pandemi dan ekonomi berkepanjangan. Gugus Tugas ini dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan dibantu Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Presiden juga menunjuk Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai Ketua Pelaksana Gugus Tugas tersebut. Peran Erick yaitu menyinergikan seluruh Kementerian di Kabinet Indonesia Maju jilid II dalam menjalankan program-program penanganan wabah Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi.

Penunjukan Erick Thohir murni didasari pertimbangan utama bahwa BUMN menggerakkan sepertiga perekonomian nasional. Kegiatan usaha BUMN juga mencakup berbagai bidang yang berkaitan langsung ke pelayanan publik, bidang ekonomi, serta kesehatan.

Mendapat amanat ini, Erick merasa ini merupakan tanggung jawab yang sangat besar, karena pertahurannya sangat tinggi. “Di antara pilihan gagal atau berhasil, sudah tentu kita akan komitmen untuk berhasil. Harus yakin itu,” katanya dalam pernyataan resmi Kementerian BUMN, Senin (20/7).

Erick melihat ada banyak negara yang sukses menekan virus dan ekonominya mulai bangkit. Dia mengajak Indonesia untuk meniru negara-negara tersebut.

“Tapi ada juga yang terkena resesi. Itu juga harus dijadikan contoh supaya kita tidak mengalami. Jika kita bersama, pasti kita bisa,” ujarnya.

Yang pasti kata dia, misi yang diemban Gugus Tugas Pemulihan ini tidaklah mudah. Angka penyebaran Covid-19 harus ditekan. Di sisi lain sektor ekonomi harus kembali dihidupkan.

“Sama seperti dua tahun lalu, saat kita menggelar Asian Games 2018. Ketika itu, hampir semua suara, baik dari dalam atau luar negeri, meragukan dan pesimistis. Tapi, saat kita semua bergerak dan bersatu, lalu pemerintah support habis-habisan, hasilnya kita bisa menjadi tuan rumah yang sukses,” pungkas Erick. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

Populer

To Top