Vaksin Covid-19 dari Tiongkok Masuk Uji Klinis Tahap 3 di Indonesia | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Vaksin Covid-19 dari Tiongkok Masuk Uji Klinis Tahap 3 di Indonesia


ILUSTRASI. Para ahli Tiongkok mengembangkan vaksin Covid-19 bernama Sinovac. Kini vaksin tersebut sudah tiba di Indonesia dan sedang proses uji klinis tahap 3. (FOTO: JAWAPOS.com via REUTERS)

NASIONAL

Vaksin Covid-19 dari Tiongkok Masuk Uji Klinis Tahap 3 di Indonesia


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Para ahli Tiongkok mengembangkan vaksin Covid-19 bernama Sinovac. Kini vaksin tersebut sudah tiba di Indonesia.

“Iya memang vaksin Sinovac sudah sampai di Indonesia, sekarang dalam proses uji klinis tahap 3 di Biofarma,” kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga kepada wartawan, Senin (20/7).

Pihaknya berharap nanti setelah lewat uji klinis, maka vaksin bisa diproduksi juga di Indonesia. Pengujian dilakukan apakah Sinovac memang cocok serta efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mematikan virus.

“Karena memang kita tahu juga bahwa virus yang ada di Indonesia itu virus yang memang bisa saja berbeda dengan di Tiongkok. Dan apakah memang cocok dan bisa matikan virus Korona yang ada di Indonesia,” katanya.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari Reuters, Senin (20/7), tak hanya Indonesia, tetapi Badan penelitian medis negara Bangladesh juga telah menyetujui uji coba fase ketiga dari vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Tiongkok Sinovac Biotech Ltd. Tentunya Bangladesh menghadapi tantangan berat ketika infeksi meningkat di negara Asia Selatan yang berpenduduk padat.

“Sinovac telah mencari sukarelawan di luar Tiongkok karena jumlah kasus virus korona di sana telah berkurang,” kata seorang anggota komite penasihat teknis nasional Bangladesh untuk menangani Covid-19.

Uji coba, yang akan dilakukan oleh Pusat Internasional untuk Penelitian Penyakit Diarrheal, Bangladesh (ICDDR, B), dapat dimulai bulan depan. “Kami telah memberikan izin etis untuk persidangan setelah meninjau protokol penelitian,” kata Direktur Dewan Penelitian Medis Bangladesh (BMRC) Mahmood Uz Jahan, kepada Reuters.

Sidang akan melibatkan 4.200 sukarelawan. “Setengah dari mereka akan divaksinasi,” katanya.

Uji coba akan dilakukan di 7 rumah sakit khusus pasien Covid-19 di Dhaka, ibukota Bangladesh. Seorang perwakilan Sinovac mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sedang menunggu persetujuan resmi dari Bangladesh.

Bangladesh memiliki 204.525 kasus virus Korona yang dikonfirmasi pada hari Minggu (19/7) dengan 2.618 kematian. Sinovac mengatakan bulan ini mereka memulai uji coba fase III dari vaksin Covid-19 potensial di Brasil. (jpg/jpc)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

Populer

To Top