Berkhasiat Sembuhkan Sakit Kulit, RS Kusta Kefamenanu Rekomendasikan Minyak Nona Mas untuk Pengobatan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Berkhasiat Sembuhkan Sakit Kulit, RS Kusta Kefamenanu Rekomendasikan Minyak Nona Mas untuk Pengobatan


RAWAT KULIT. Seorang Suster di RS Kusta dan Cacat Umum, Bunda Pembantu Abadi Naob, TTU tampak merawat pasien menggunakan minyak gosok cap Nona Mas. (FOTO: ISTIMEWA)

BISNIS

Berkhasiat Sembuhkan Sakit Kulit, RS Kusta Kefamenanu Rekomendasikan Minyak Nona Mas untuk Pengobatan


Minyak Gosok Cap Nona Mas Produksi PT Surya Kujaya Farma, sudah terkenal sejak 1908. Namun, banyak khasiat dan manfaat minyak gosok ini yang belum banyak diketahui publik.

Mungkin karena namanya minyak gosok, sehingga orang lebih mengenal Minyak Gosok Cap Nona Mas sekadar minyak untuk menghangatkan badan, mengatasi keseleo, nyeri otot, dan lainnya. Padahal khasiat minyak ini juga bagus untuk menangani berbagai macam penyakit.

Di RS Kusta dan Cacat Umum, Bunda Pembantu Abadi Naob, Desa Naob, Kecamatan Noemuti Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) misalnya, sejak lama minyak ini selalu dipakai menangani pasien dari berbagai kalangan dan asal. Berbagai teknik dan obat medis telah dipakai untuk mengobati para pasien.

Semua terhenyak ketika para suster dari kongregasi PRR menggunakan minyak Nona Mas. Ternyata minyak Nona Mas sangat cocok untuk memperbaiki kulit para pasien.

“Kalau ada pasien yang datang dengan keluhan sakit kulit, kami langsung pakai minyak Nona Mas. Ternyata saat mereka datang lagi, semua mengaku sembuh. Kulitnya ada perubahan. Yang sebelumnya ada gejala menjurus ke kusta, ternyata sembuh,” ujar Suster Emi dari RS Kusta dan Cacat Umum, Bunda Pembantu Abadi Naob.

Suster Emi, mengatakan, minyak Nona Mas dipakai sejak awal tahun 2020 ini. “Sebenarnya kami sudah lama pakai minyak Nona Mas. Nona Mas itu sangat bagus untuk kulit. Kulit kering, bersisik dan lainnya, kami pakai Nona Mas pasti sembuh. Sampai sekarang kami pakai dan khasiatnya sangat luar biasa,” kata Suster Emi lagi.

Dia mengatakan, sudah ratusan pasien yang berobat datang dan pulang dengan membawa rekomendasi menggunakan Nona Mas sebagai obat. Dan, semua pasien yang pernah berobat di rumah sakit itu mengaku sangat puas dengan khasiat minyak Nona Mas.

Beberapa pasien yang dimintai komentarnya mengaku, minyak Nona Mas memiliki khasiat yang luar biasa. Satu kelebihan Nona Mas, kata para pasien, tak hanya untuk digunakan di kulit atau luar, tetapi bisa diminum. Setelah diminum dan digosok di kulit, ternyata kulitnya makin bersih.

“Mereka biasa minum. Tidak hanya pakai di luar saja. Ini sangat membantu mereka. Sebelum saya beritahu, ternyata mereka sudah pakai dan minum. Semua mengaku di rumah selalu ada minyak Nona Mas. Jadi sebenarnya tidak hanya untuk penyakit kulit saja, tapi untuk semua penyakit bisa menggunakan Nona Mas,” jelas salah satu suster perawat.

Para perawat ini mengaku, semua yang ada di rumah sakit tersebut menggunakan minyak Nona Mas. Dia mengaku, sudah lama kenal minyak Nona Mas. Sehingga ketika ditugaskan di rumah sakit tersebut, dirinya langsung merekomendasikan minyak Nona Mas kepada para pasien.

“Kami mendoakan Pak Frans sebagai pemilik minyak Nona Mas agar terus sehat dan Nona Mas semakin sering dipakai masyarakat. Khasiatnya sangat besar sehingga saya selalu sarankan semua pasien termasuk kenalan untuk selalu menyediakan minyak gosok cap Nona Mas,” ujarnya.

Manfaat dan khasiat Minyak Gosok Cap Nona Mas untuk pengobatan juga dirasakan para suster yang berkarya di pedalaman Kalimantan, maupun Papua yang juga menggunakan minyak Nona Mas untuk pengobatan, dan khasiatnya dirasakan sangat membantu masyarakat yang berada di pedalaman.

Dari Papua, Suster Apolinaris, Suster Martha, Suster Faustin, dan Suster Alvonsin yang melayani di daerah Siki Papua, hingga ke Menitana Asmat dan Merauke juga menggunakan minyak gosok Nona Mas untuk pengobatan pasien berbagai macam penyakit di daerah pelayanannya.

Kesaksian para suster di RS Kusta dan Cacat Umum, Bunda Pembantu Abadi Naob, TTU menurut para suster tersebut benar adanya. Karena hal yang sama juga mereka rasakan di Papua, dimana minyak gosok cap Nona Mas mereka gunakan juga untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kusta dan berhasil sembuh.

Suster Imaculata, Suster Maria, dan Suster Anas yang bertugas di pedalaman Kalimantan, baik kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara menyebutkan, minyak gosok cap Nona Mas sudah sangat terkenal di wilayah NTT dengan khasiat membantu mengobati macam-macam penyakit.

Di wilayah Samarinda, Kalimantan Timur dan sekitarnya, kata Suster Imaculata, minyak Nona Mas juga mulai perlahan-lahan dikenal masyarakat.

Bukan hanya warga asal NTT yang ada di Samarinda, yang menggunakan tetapi juga warga dari daerah lainnya sudah menggunakan minyak gosok Nona Mas. Seperti di Buton, Bima, Makassar, Palopo, dan Toraja. Warga di daerah itu sudah mulai mengenal minyak Nona Mas.

Khasiat minyak gosok cap Nona Mas tidak lepas dari bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya. Misalnya minyak kayu putih dan juga jahe merah.

Minyak kayu putih mengandung anti bakteri, anti jamur, dan anti inflamasi berkat kandungan 1,8-Cineol dan sekaligus berfungsi sebagai ekspektoran, mukolitik dan dekogestan.

Sedangkan jahe merah dikenal sebagai tanaman rempah yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, karena kandungan gingerol, flavonoid, agen antibakteri, agen anti peradangan dan lainnya.

Jahe Merah sering digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi nyeri otot, meningkatkan kesuburan pria, menurunkan asam urat, melegakan saluran pernafasan dan lain sebagainya.

Selain itu ada beberapa bahan alami yang juga tekandung dalam Minyak Nona Mas yang baik untuk menjaga kesehatan.

Dari bincang-bincang dengan beberapa konsumen, minyak gosok cap Nona Mas ini juga bagus sebagai penurun demam pada anak-anak dan bayi.
Misalnya demam setelah bayi mendapat imunisasi dengan menggosokkan minyak gosok cap Nona Mas keseluruh tubuh bayi. Minyak gosok cap Nona Mas juga efektif mengatasi masuk angin, perut kembung, menyembuhkan sakit gigi, luka, ambeien, ataupun bisul.

Fransiscus Fernando selaku owner minyak gosok cap Nona Mas menyebutkan, produk minyak Nona Mas sudah terdaftar resmi di BPOM, TR 203 600 451, dan bisa dicek langsung di website BPOM. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kualitas dan keamanannya.

Minyak gosok Cap Nona Mas juga sudah tampil beda dan menarik, dan tidak lagi menggunakan kemasan botol kaca. Pergantian kemasan ini dilakukan, karena maraknya pemalsuan minyak gosok cap Nona Mas.

Menurut Frans Fernando, kemasan terbaru minyak gosok cap Nona Mas saat ini sudah menggunakan botol Plastik yang telah dipatenkan, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi para pengguna, dimana dengan kemasan baru ini minyak gosok cap Nona Mas jadi mudah di bawa ke mana-mana dan tidak perlu khawatir akan tumpah.

“Yang perlu diwaspadai masyarakat adalah, masih beredarnya minyak gosok cap Nona Mas palsu yang menggunakan botol kaca yang tidak diketahui kualitasnya. Sehingga jika ada yang menawarkan minyak gosok cap Nona Mas dalam kemasan botol kaca, sebaiknya ditolak, karena itu Minyak Palsu,” tegas Frans Fernando. (*/rum)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top