KPU TTU Umumkan Hasil Vertual, Paket AYO Cuma Kantongi 7.369 Syarat Dukungan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU TTU Umumkan Hasil Vertual, Paket AYO Cuma Kantongi 7.369 Syarat Dukungan


SERAHKAN. Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka (kiri) saat menyerahkan berita acara hasil verifikasi faktual kepada bapaslon Bupati Paket AYO, Agustinus Talan di Kantor KPU TTU, Selasa (21/7). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

KPU TTU Umumkan Hasil Vertual, Paket AYO Cuma Kantongi 7.369 Syarat Dukungan


Tak Penuhi Syarat Minimum 16.805 Dukungan, Harus Tambah 18.872 Dukungan dalam 3 Hari

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) resmi mengumumkan hasil verifikasi faktual (Vertual) terhadap syarat dukungan yang diajukan oleh bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati TTU, Agustinus Talan-Yosep Akoit (Paket AYO) yang maju dalam Pilkada TTU melalui jalur independen.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi vertual yang dilakukan KPU TTU, Selasa (21/7), dukungan paket AYO yang dinyatakan memenuhi syarat hanya 7.369 syarat dukungan. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 9.436 dukungan.

Dengan hasil yang diumumkan KPU TTU tersebut, kecil kemungkinan paket AYO lolos untuk mendaftar sebagai salah satu paslon Bupati-Wabup TTU.

Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka Kepada Timor Express, di Kefamenanu, Selasa (21/7) mengatakan, sesuai jadwal, pelaksanaan pleno rekapitulasi syarat dukungan calon perseorangan dilakukan pada 20 – 21 Juli 2020. Namun KPU TTU memutuskan melakukan pleno rekapitulasi vertual tingkat kabupaten pada Selasa (21/7).

Sebagaimana diketahui, jumlah syarat dukungan yang diajukan Paket AYO ke KPU TTU sebelumnya sebanyak 21.231 syarat berupa foto copy KTP. Setelah dilakukan vertual oleh KPU, dukungan yang memenuhi syarat hanya sebanyak 7.369 dukungan.

BACA JUGA: KPU TTU Temukan Sejumlah Dukungan Paket AYO Tak Memenuhi Syarat

“Hasil verifikasi faktual terhadap syarat dukungan Paket AYO itu bahwa dukungan yang memenuhi syarat belum mencapai syarat minimum untuk calon dari perseorangan. Tidak mencapai 16.805 syarat dukungan,” kata Paulinus.

Paulinus melanjutkan, dari hasil pleno KPU TTU tersebut, untuk bisa lolos menjadi paslon, paket AYO harus menambah lagi 9.436 syarat dukungan agar mencapa syarat minimum sesuai ketentuan KPU. Oleh karena itu, kata Paulinus, paket AYO wajib menyerahkan perbaikan syarat dukungan dua kali lipat dari kekurangan atau sebanyak 18.872 dukungan lagi.

Menurut Paulinus, sesuai regulasi, KPU masih memberikan ruang untuk bapaslon perseorangan/independen memperbaiki dokumen dan syarat dukungan yang diberikan sebanyak dua kali lipat dari kekurangan, dan diserahkan dalam tiga hari, yakni 25 – 27 Juli 2020.

Selain itu, tambah Paulinus Feka, saat pengembalian dokumen, masih ada ruang untuk melakukan perbaikan, namun harus dalam waktu penyerahan dokumen perbaikan. Jika pada waktu yang sudah ditentukan bakal calon tidak menyerahkan dokumen perbaikan, maka dipastikan tidak akan menjadi kontestan pada Pilkada serentak 2020 di TTU.

“Setelah penyerahan dokumen perbaikan, kita akan tempuh prosedur yang sama yaitu pemeriksaan dokumen. Untuk memastikan kelengkapan dokumen, jumlahnya harus terpenuhi, dan jika memenuhi syarat, maka kita akan terbitkan berita acara. Tapi kalau tidak memenuhi maka kita akan tolak dan dibuat berita acara pengembalian,” jelasnya.

Terpisah, balon Bupati Jalur Independen, Agustinus Talan mengapresiasi kinerja KPU TTU yang telah menjalankan seluruh tahapan verifikasi dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Terkait kekurangan syarat dukungan, kata Agus Talan, pihaknya bersama tim sementara mengumpulkan syarat dukungan perbaikan untuk diserahkan ke KPU guna melakukan verifikasi faktual lanjutan sebagaimana disyaratkan KPU.

“Saya bersama Pak Yosef dan seluruh tim pemenangan tidak berkeberatan dengan hasil pleno KPU TTU. Selanjutnya untuk masalah perbaikan saya optimis bahwa bersama tim kami akan menyerahkan berkas perbaikan sesuai dengan target waktu yang diberikan,” kata Agus Talan dalam pleno rekapitulasi vertual yang dihadiri Ketua dan anggota komisioner KPU TTU, Ketua dan anggota komisioner Bawaslu TTU, bapaslon Bupati-Wabup Paket AYO, serta para ketua dan anggota PPK se Kabupaten TTU. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top