Pemprov Pertanyakan Keberadaan LLDikti NTT ke Menteri, Ini Penegasan Wagub | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemprov Pertanyakan Keberadaan LLDikti NTT ke Menteri, Ini Penegasan Wagub


Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi. (FOTO: DOK. TIMEX)

PENDIDIKAN

Pemprov Pertanyakan Keberadaan LLDikti NTT ke Menteri, Ini Penegasan Wagub


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT tidak ingin dipermainkan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) XV NTT. Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi yang dikonfirmasi Timor Express, Rabu (22/7) menegaskan, pihaknya tidak tinggal diam terkait masalah LLDikti yang sampai saat ini belum juga beroperasi di NTT.

“Kami bersurat ke menteri untuk pertanyakan. Kenapa sampai saat ini belum berkantor di tempat yang sudah kami siapkan. Lalu, bagaimana dengan 17 ASN yang kami sudah seleksi dan siapkan untuk LLDikti,” tegas Josef Nae Soi.

Menurut dia, persiapan kantor sementara dan 17 ASN tersebut sesuai dengan perintah undang-undang. Juga sudah melalui tahapan yang diketahui oleh kementerian. Bahkan sudah ada tim verifikasi dari kementerian dan menyatakan semua sudah memenuhi syarat.

“Lalu mereka mau pakai standar apa lagi. Kenapa tidak dari awal mereka bilang. Sekarang sudah hampir dua tahun, baru mau dites ulang lagi,” sambung Josef.

Politikus Partai Golkar itu menegaskan, dirinya dan gubernur adalah wakil pemerintah pusat. Apalagi, keduanya adalah mantan anggota DPR RI dua periode. Bahkan Josef Nae Soi adalah mantan staf ahli MenkumHAM.

“Jadi jangan ajar kami soal aturan di kementerian. Kami justru pertanyakan, mereka mau tes ulang itu pakai standar apa lagi,” tandasnya.

Sebelumnya, seleksi untuk menjadi pegawai LLDikti NTT pada 2018 lalu dilakukan dengan lelang terbuka. Dan diikuti sekira 100 orang dari 49 instansi di Pemprov NTT.

Proses seleksi pun menggunakan standar assesment yang dipimpin staf khusus gubernur, Prof. Daniel Kameo dan Akademisi Undana, Dr. Markus Hage. Sementara dari Pemprov NTT diwakili pimpinan Eselon II, termasuk dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT.

Seleksi itu menghasilkan 17 ASN Pemprov NTT. Sejak saat itu, mereka tidak lagi terlibat dalam mutasi dan penempatan jabatan/posisi di lingkup Pemprov NTT. Selama masa menunggu beroperasinya LLDikti, mereka “dititipkan” di beberapa OPD.

Sementara Kasubag Umum Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTT, Edy Sula yang dikonfirmasi koran ini mengakui, LLDikti saat ini menggunakan alamat LPMP NTT sebagai alamat kantor sementara. Namun, hingga saat ini belum ada aktivitas di sana karena kantor tersebut masih dalam proses renovasi.

“Untuk sementara akan menggunakan fasilitas LPMP, sehingga terkait surat-menyurat pakai alamat LPMP,” jelas Edy.

Edy menambahkan, hingga saat ini belum ada staf LLDikti XV NTT yang beraktivitas di kantor tersebut. Namun menurutnya, ada staf LPMP yang diperbantukan di LLDikti NTT tersebut. (cel/mg29)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top