Petani Malaka yakin Hasil Panen Kacang Hijau Meningkat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Petani Malaka yakin Hasil Panen Kacang Hijau Meningkat


TUMBUH SUBUR. Charollus Klau (kiri) berada di kebun kacang hijau miliknya. Charollus yakin hasil panen kacang hijau tahun ini bakal meningkat. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Petani Malaka yakin Hasil Panen Kacang Hijau Meningkat


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Salah seorang petani di Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Charollus Klau, mengaku yakin hasil panen kacang hijau tahun ini akan bagus dan meningkat. Pasalnya, saat ini para petani lagi berkutat di kebunnya masing-masing untuk menjaga dan memelihara hasil pertaniannya.

“Saya sangat yakin, hasil panenan kacang hijau tahun ini bagus dan hasilnya lebih meningkat dari tahun yang lalu. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini di kebun,” ungkap Charollus Klau, salah seorang petani ketika ditemui di kebunnya, Jumat (24/7).

Mantan pendidik di SMPK Isidorus Besikama itu menyebutkan, khusus untuk kacang hijau ditanam antara bulan Mei dan Juni. “Kalau saya punya ditanam pada 16 Juni 2020. Dengan umur 1 bulan 8 hari, dan melihat perkembangannya dari waktu ke waktu, hasil ini akan sangat memuaskan,” ujar kakek 10 cucu ini bersemangat yang mengaku menanam kacang di atas areal 1,2 hektare.

Charollus yang hobi bercocok tanam ini mengaku, pertumbuhan kacang yang bagus ini ditunjang dengan pembersihan yang rutin sehingga berdampak pada hasilnya.

“Sebagai petani, setiap hari saya berada di kebun. Selalu membersihkan rumput dan ilalang yang tumbuh bersama kacang. Dengan pembersihan yang rutin, pasti hasilnya akan baik juga. Seperti yang terlihat saat ini,” ungkap mantan guru olahraga ini.

Charollus menambahkan, sebagai petani, kepuasan dan kebanggaan terbesar adalah melihat dan menyaksikan hasil tanaman berkembang dengan baik di atas lahan yang bersih.

“Saya tetap pakai pola lama yakni harus selalu berada di kebun. Saya diajarkan orang tua saya bahwa jika mau jadi petani, harus bersatu sungguh-sungguh dengan kebun dan nasehat itu masih saya pegang dan pedomani hingga detik ini,” katanya datar.

Selain kacang hijau, ayah 4 putra ini juga mengatakan hasil tanaman lain seperti jagung dan tanaman hortikultura serta sayur-sayuran selalu ditanam untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Sosok petani yang juga Ketua Kelompok Tani di Desa Umatoos ini menyebutkan, sesuai perhitungan manual, pada September 2020 mendatang dirinya bersama para petani dan kelompok tani akan panen kacang hijau. (*/aln)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top