Tanpa Marc Marquez, Bintang Yamaha Merajalela | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tanpa Marc Marquez, Bintang Yamaha Merajalela


Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales berlaga pada sesi latihan ketiga GP Spanyol hari ini (25/7). (Javier Soriano/AFP/JPC)

SPORT

Tanpa Marc Marquez, Bintang Yamaha Merajalela


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Rangkaian seri kedua MotoGP 2020 masih berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, mulai kemarin (24/7). Pekan lalu, race diwarnai dengan kecelakaan yang menimpa tiga pembalap papan atas.

Mereka adalah juara bertahan Marc Marquez (Honda), Alex Rins (Suzuki Ecstar), dan Cal Crutchlow (LCR Honda).

Kondisi ketiganya dinyatakan fit untuk kembali tampil pada seri kedua hari ini. Di antara mereka, hanya Marquez yang belum turun ke lintasan pada dua sesi latihan bebas (FP).

Tanpa Marquez, dua rider Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, tampil impresif pada sesi pertama.

Vinales menggeber M1 dengan waktu tercepat di sesi pagi dengan 1 menit 37,063 detik. Sedangan Rossi terpaut 0,142 detik dari rekan setimnya. Situasi berubah ketika FP2 berlangsung pada sore.

Suhu di Sirkuit Jerez terpantau di kisaran 33 derajat Celsius. Lebih panas ketimbang sesi pagi yang hanya 26 derajat Celsius.

Hasilnya, rider LCR Honda Takaaki Nakagami menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 37,715 detik. Vinales mengisi posisi tercepat kelima. Meski demikian, catatan waktunya di FP1 masih paling cepat secara keseluruhan.

Vinales menyebut timnya melakukan pengujian sejumlah aspek M1 yang belum mereka coba pekan lalu.

’’Aku tahu kami harus bekerja lebih keras lagi untuk menjalani balapan yang lebih baik, karena kami punya potensi yang sangat bagus,’’ terang rider asal Spanyol tersebut dilansir Crash.

Catatan waktu pada latihan bebas kemarin menjadi penting buat Vinales.

Rossi memilih mencari setting ban yang tepat pada FP1. Di awal sesi, dia menggunakan kombinasi ban depan hard dan medium untuk ban belakang. Dia lalu menggantinya dengan sepasang ban soft untuk mempertajam catatan waktu.

’’Kami memodifikasi setting motor dan sekarang aku merasa lebih baik,’’ ungkap Rossi.

Meski hanya sebatas latihan bebas, dua sesi yang berlangsung kemarin mengisyaratkan potensi dominasi rider Yamaha bakal kembali mengisi persaingan top rider.

Ducati juga diprediksi memberikan tekanan buat para pembalap Yamaha. Jangan lupakan pula sinyal kebangkitan KTM lewat Espargaro dan Brad Binder.

Lantas, bagaimana dengan Marquez? Kehadiran sang juara bertahan pada kualifikasi hari ini sangat menarik untuk dinantikan. Kepastian dia akan turun dalam balapan juga bakal diputuskan hari ini. (nap/c17/na/jpc)

Komentar

Berita lainnya SPORT

Populer

To Top