Waktu Efektif Tinggal Satu Bulan, KPU Belu Minta Cakada Siap Berkas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Waktu Efektif Tinggal Satu Bulan, KPU Belu Minta Cakada Siap Berkas


SOSIALISASI. Divisi Teknis KPU Belu, Yoni Aryanto Neolaka (kiri) saat memaparkan teknis tata cara pencalonan dan syarat pencalonan pada sosialisasi yang berlangsung di aula Susteran SMKK Atambua, Kamis (23/7). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

Waktu Efektif Tinggal Satu Bulan, KPU Belu Minta Cakada Siap Berkas


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 terus dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, melakukan sosialisasi terkait tata cara pencalonan dan syarat calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020, bertempat di aula Susteran SMKK Atambua, Kamis (23/7)

Hadir dalam sosialisasi itu, Bawaslu Belu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dinas Kominfo, perwakilan bakal calon, tokoh agama, dan perwakilan dari organisasi PMKRI, GMNI, dan Persatuan Jurnalis Perbatasan (Pena Batas).

Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, proses Pilkada serentak sudah masuk pada tahapan pencalonan. Ini ditandai dengan verifikasi dukungan calon perseorangan.

Untuk itu, kata Mikhael, perlu dilakukan sosialisasi agar bisa diketahui luas kalangan masyarakat khusunya fungsionaris partai dan para bakal calon kepala daerah (Cakada), baik yang diusung partai maupun calon perseorangan.

“Kita perlu sosialisasi karena waktu efektif tinggal satu bulan. Sehingga perlu kami sampaikan tata cara pencalonan dan syarat pencalonan,” sebutnya.

Mikhael menjelaskan, dalam sosialisasi itu dibahas tuntas semua hal tentang tata cara pencalonan dan syarat pencalonan. Sehingga peserta yang hadir khususnya fungsionaris partai atau tim perwakilan dari calon perseorangan, sekembalinya dari kegiatan itu bisa menginformasikan secara jelas kepada partai pengusung dan pasangan calon baik yang diusung partai maupun calon perseorangan.

“Kita harap informasi yang diperoleh dalam sosialisasi ini disampaikan secara jelas dan tuntas kepada fungsionaris partai juga untuk para pasangan calon,” ujar komisioner KPU dua periode ini.

Mikhael meminta para bakal calon dan partai politik untuk melihat isi PKPU Nomor 1 tahun 2020, lebih khusus pada syarat pencalonan dan syarat calon sehingga jauh sebelumnya menyiapkan kelengkapan administrasi.

“Kita minta untuk siapkan kelengkapan administrasi karena jadwal pendaftaran bakal calon selama tiga hari, yang dimulai tanggal 28 Agutus 2020 nanti,” ujarnya.

Sementara Divisi Teknis KPU Belu, Yoni Aryanto Neolaka menjelaskan tata cara pencalonan dan syarat pencalonan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2020 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Untuk itu ia meminta para bakal calon, partai politik, dan calon perseorangan menyiapkan administrasi sebelum pendaftaran dibuka.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi partai politik pengusung dan bakal calon. Diantaranya surat keputusan dukungan dari parpol kepada bakal calon, surat penyertaan dukungan gabungan dari parpol-parpol. Surat pernyataan bersedia cuti di luar tanggungan negara bagi bakal calon petahana dan sejumlah syarat lainnya.

“Kita harap melalui sosialisasi ini, para bakal calon dan partai politik sebagai pengusung mengetahui jelas. Tujuannya sehingga tidak ada hambatan saat pendaftaran nanti,” tandasnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top