Yayasan Cahaya Hijrah Gelar Pelatihan Juleha, Sambut Idul Adha 1441 Hijriah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Yayasan Cahaya Hijrah Gelar Pelatihan Juleha, Sambut Idul Adha 1441 Hijriah


Tim Yayasan Cahaya Hijrah pose bersama sejumlah umat, Jumat (24/7). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Yayasan Cahaya Hijrah Gelar Pelatihan Juleha, Sambut Idul Adha 1441 Hijriah


SOE, TIMEXKUPANG.com-Menyambut Idul Adha 1414 Hijriah (tahun 2020 masehi), Yayasan Cahaya Hijrah dan Rumah Syaamil Quran Ar Romah, bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Peternakan (BPP) Kupang, memberi pelatihan Juru Sembelih Hewan Halal (Juleha) kepada para imam dan pengurus masjid/musholla se-Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

“Kegiatan ini kami lakukan karena para imam dan pengurus masjid/musholla yang ada di TTS belum seluruhnya mengetahui teknik atau cara Juleha yang baik dan benar,” ungkap Ketua Yayasan Cahaya Hijrah TTS, Muhazir Syukur di SoE, Jumat (24/7).

Muhazir menjelaskan, pelatihan Juleha kepada para imam dan pengurus masjid musholla yang ada di TTS, penting karena proses penyembelihan hewan kurban harus dilakukan secara Syar’i, baik itu mulai dari sebelum penyembelihan, sesudah penyembelihan, dan saat pengelolaan daging setelah penyembelihan.

“Akibat belum mengetahui dan memahami cara Juleha yang baik dan benar, maka terkadang daging hasil penyembelihan itu tidak higenis. Maka dari itu, dipandang penting untuk dilakukannya pelatihan Juleha tersebut sehingga pada pelaksanaan hari raya Idul Adha, maupun penyembelihan hewan pada acara apa saja dapat dilakukan secara Syar’i, agar terjaga higienisitasnya agar aman dikonsumsi,” papar Muhazir yang menambakan, kegiatan Juleha ini dilakukan di Masjid An Nuur Niki-Niki, Sabtu (25/7).

Muhazir menambahkan, kegiatan itu dipandang perlu diketahui sehingga yang mengikuti pelatihan tersebut, tidak hanya para imam dan pengurus masjid musholla, melainkam sejumlah pengurus organisasi masyarakat (ormas) juga mendaftarkan diri untuk ikut pada pelatihan itu. Apalagi saat ini, dengan adanya wabah Covid-19, higienisitas perlu dijaga agar dapat terhindar dari paparan Covid-19.

“Yang menjadi pemateri nanti adalah tim instruktur dari BPP yakni Bapak Bayu Aryawan dan Ibu Cahya Purnamasari. Selain teori di dalam ruangan, para peserta akan langsung berpraktik,” katanya.

Muhazir mengatakan, kegiatan ini dimanfaatkan sebagai momen koordinasi diantara masjid dan mushola yang ada di TTS, agar terjadi pemerataan pembagian daging kurban tahun ini.

“Target kami di tahun 2020 ini, kami bisa kumpulkan 50 hewan kurban, sehingga sumua masjid dan mushola yang ada di TTS dapat merasakan daging qurban,” harapnya. “Target kami, satu masjid satu ekor sapi, entah nanti dari yayasan kami atau dari perseorangan atau organisasi. Yang jelas, kami akan bangun koordinasi sehingga tidak ada masjid yang tidak dapat atau kosong sama sekali,” pungkas Muhazir. (yop)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top