30 Persen Pemilih di TTU Belum Coklit, KPU Optimistis Selesai Tepat Waktu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

30 Persen Pemilih di TTU Belum Coklit, KPU Optimistis Selesai Tepat Waktu


Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka. (FOTO: Istimewa)

POLITIK

30 Persen Pemilih di TTU Belum Coklit, KPU Optimistis Selesai Tepat Waktu


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 30 persen dari total pemilih di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) belum dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk pemutakhiran data Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Proses pencoklitan yang dimulai sejak 15 Juli 2020 sampai saat ini, KPU TTU telah berhasil melakukan coklit terhadap 70 persen pemilih. Tersisa 30 persen pemilih yang belum dicoklit. KPU optimistis hingga batas akhir pencoklitan semua masyarakat TTU akan terdata sehingga dapat menggunakan hak pilih pada Pilkada TTU nanti.

“Hingga saat ini, sudah sekitar 70 persen pemilih yang sudah dicoklit, dan sisanya sekitar 30 persen dari pemilih yang belum dicoklit,” Kata Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka kepada Timor Express, Senin (27/7).

Paulinus menambahkan, dalam pencoklitan, pihaknya menerjunkan PPDP sebanyak 518 orang sesuai jumlah TPS yang ada di TTU. Tim bekerja sangat luar biasa, sehingga diharapkan begitu waktu pencoklitan selesai, semuanya sudah beres.

“Walaupun ada yang sudah selesai, kita harus koreksi ulang untuk bisa memastikan para pemilih terdaftar sampai menunggu batas akhir penyusunan daftar pemilih,” ujar Paulinus.

Paulinus mengaku, dalam pelaksanaan coklit, pihaknya menemukan ada masyarakat yang namanya belum terdaftar karena terjadi pemekaran TPS, dan juga karena perpindahan domisili.

Meski demikian, Paulinus optimistis, sampai dengan batas akhir proses pencoklitan pada 13 Agustus 2020 nanti, semua masyarakat TTU yang punya hak pilih sudah terdata dengan baik melalui proses pencoklitan oleh tim di lapangan.

“Memang banyak kendala yang dialami oleh tim di lapangan, namun sudah diatasi dengan baik. Kami yakin sebelum tanggal 13 Agustus 2020 nanti semua masyarakat di TTU sudah didata,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top