Ratusan Kendaraan Roda Dua di Malaka Terjaring Operasi Patuh Turangga 2020 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ratusan Kendaraan Roda Dua di Malaka Terjaring Operasi Patuh Turangga 2020


TERJARING OPERASI. Ratusan kendaraan roda dua yang terjaring Operasi Patuh Turangga 2020 di wilayah hukum Polres Malaka. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Ratusan Kendaraan Roda Dua di Malaka Terjaring Operasi Patuh Turangga 2020


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Operasi Patuh Turangga 2020 yang berlangsung di Kabupaten Malaka berhasil menjaring ratusan kendaraan roda dua yang terbukti melanggar aturan lalu lintas. Operasi ini berlangsung secara serentak di Indonesia sejak 23 Juli sampai 5 Agustus 2020.

Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, SH, kepada Timor Express saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/7) menjelaskan, Operasi Patuh Turangga 2020 ini melibatkan aparat dari tim gabungan TNI, pegawai Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Pendapatan Daerah.

Menurut Albert, dalam operasi ini, yang paling utama dilakukan adalah menanamkan rasa kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan kepada masyarakat, agar disiplin dalam berlalulintas.

Dalam pelaksanaannya Operasi Patuh Turangga ini, ungkap Kapolres, tim gabungan dipusatkan di empat posko, yaitu Posco Lamea, Talimetan, Nurobo, dan Wanibesak. Kemudian beberapa titik di dalam Kota Betun.

“Penertiban ini dilakukan agar masyarakat makin sadar dalam berlalulintas. Kendaraan harus dilengkapi dengan surat-surat kendaraan, bagi pengendara sepeda motor harus mengunakan helm, sepeda motor harus lengkap kaca spionnya, lampu motor dan retingnya,” kata Albert.

Kasat Lantas Polres Malaka, AKP Ngakan Putu Artha, saat ditemui Timor Express usai melakukan Operasi Patuh Turangga, Senin (27/7) mengatakan, Operasi Patuh Turangga 2020 ini merupakan operasi yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Disamping itu ada operasi-operasi lainnya seperti dari Januari sampai Desember, yaitu Opersi Lalu Lintas, Operasi Simpati, Operasi Zebra, Operasi Lilin-Natal, dan Opersi Katupat.

“Yang sekarang ini dilakukan adalah Operasi Patuh Turangga 2020, yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai dari 23 Juli sampai 5 Agustus.

Ngakan menyebutkan, sasaran atau target operasi yaitu semua pendengara roda dua, roda empat, roda enam atau lebih.

Di Kabupaten Malaka, kata Ngakan, operasi ini merupakan hal baru, sehingga pihaknya melibatkan semua unsur, baik itu TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Pendapatan Daerah.

Ngakan mengaku, sejak Polres hadir di Malaka, semua pengendara bisa mematuhi aturan dengan memakai helm karena selalu ditegur. Namun dimasa adaptasi kebiasaan baru (AKB) pandemi Covid-19 ini, kesadaran masyarakat dalam tertib berlalulintas kembali turun. Sehingga dengan Operasi Patuh Turangga ini diharapkan masyarakat kembali sadar, dan bisa tertib dalam berlalulintas.

Kasat Lantas Polres Malaka mengimbau kepada masyarakat supaya melengkapi kendaraannya dengan surat-surat yang masih berlaku, pastikan remnya baik, lampu reting, kaca spion, lampu utama, helm baik untuk pengendara maupun yang dibonceng.

Ngakan meminta kepada masyarakat agar tertib berlalulintas agar Kabupaten Malaka yang baru dirintis ini bisa lebih disiplin. “Tertib berlalulintas adalah cerminan dari budaya dari kabupaten itu sendiri. Jika masyarakatnnya tertib berlalulintas, orang akan menilai bahwa budaya tertib kita di Malaka bagus,” katanya. (mg30)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top