KPU Belu Terima 17.345 Syarat Perbaikan Viva Mateke | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU Belu Terima 17.345 Syarat Perbaikan Viva Mateke


TELITI. Ketua dan anggota KPU Belu serius melalukan pencermatan dan penelitian berkas perbaikan calon perseorangan Viva Mateke di kantor KPU Belu, Selasa (28/7). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

KPU Belu Terima 17.345 Syarat Perbaikan Viva Mateke


Optimistis Lolos Verifikasi Tahap II

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com–Bakal pasangan calon (Bapaslon) perseorangan Bupati Belu, Vinsen B. Loe dan bakal calon Wakil Bupati, Arnaldo Da Silva Tavares (Paket Viva Mateke) kembali menyerahkan syarat perbaikan sebanyak 17.345 dukungan. Kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, sedang melakukan penelitian terhadap dukungan perbaikan itu.

Divisi Teknis KPU Belu, Yoni Aryanto Neolaka saat dikonfirmasi Timor Express di ruang kerjanya Selasa (28/7) menjelaskan, dokumen syarat perbaikan dari Viva Mateke sudah diserahkan. Jumlah syarat perbaikan yang diterima sebanyak 17.345 dukungan.

Menurut Yoni, syarat dukungan perbaikan Viva Mateke itu diterima karena lebih dari syarat minimal yakni 17.280 dukungan. Sehingga pihak KPU menerima untuk dilakukan pencermatan dan penelitian. Selanjutnya dituangkan dalam formulir DA1 untuk diplenokan, apakah hasilnya diterima atau ditolak.

“Kita masih lihat berdasarkan pencermatan dan penelitian ini. Kalau mencapai dua kali syarat minimal tadi, tentunya diterima tetapi kalau kurang tentunya akan ditolak,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Yoni yang juga mantan anggota Panwascam ini menjelaskan, indikator penilaian yang dilihat yakni mencocokan antara dokumen B1 atau pernyataan dukungan dan B1.1 atau daftar nama dukungan. Yakni memastikan keabsahaan B1, apakah ada foto copy KTP ada cap jempol, tanda tangan tangan dan lainnya.

BACA JUGA: 8.640 Lembar Syarat Dukungan Bapaslon VIVA Mateke TMS

Ia juga menambahkan, sebelumnya sesuai hasil rekapitulasi dukungan di tingkat kabupaten yang dituangkan dalam DA7, dukungan yang memenuhi syarat untuk paket Viva Mateke sebanyak 4.773 dari syarat minimal 13.413, sehingga masih terdapat kekurangan 8.640 dukungan.
Dalam masa perbaikan, kata Yoni, calon perseorangan wajib memasukan dukungan dua kali jumlah dari kekurangan. Sehingga di tahapan perbaikan jumlah kekurangan tersebut sudah diserahkan.

“Saat ini sedang dilakukan pencermatan dan penelitian oleh KPU Belu, bila diterima tentunya akan diikuti dengan verivikasi faktual,” katanya.

Sementara Vinsen Loe, balon Bupati jalur perseorangan mengaku optimistis lolos dalam verivikasi tahap ke II setelah memasukan syarat perbaikan sebanyak 17.345 dukungan. Dokumen perbaikan yang diserahkan lebih dari syarat yang ditentukan. Sehingga berharap pencermatan dan penelitian tidak ada masalah.

“Tim kami sudah kerja maksimal. Kita sudah serahkan jumlah dukungan lebih dari syarat yang ditentukan. Kami yakin lolos ke verivikasi tahap II,” kata Vinsen didampingi balon wakilnya, Arnaldo Da Silva Tavares saat ditemui di halaman kantor KPU Belu.

Ia menuturkan data silon yang sudah dimasukan tentunya sinkron dengan data fisik sehingga paket Viva Mateke bisa melancong ke tahapan verivikasi tahap kedua. Bila dikalkulasi dukungan yang diserahkan tahap pertama dan kedua mencapai 30.600 lebih suara, sehingga tentunya ini menjadi modal dukungan bagi Viva Mateke untuk ikut berkompetisi di Pilkada Belu. “Jika dinyatakan lolos oleh KPU,” pungkasnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top