Salat Id di Lapangan Umum Betun Hanya untuk Umat Islam Betun Kota | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Salat Id di Lapangan Umum Betun Hanya untuk Umat Islam Betun Kota


Ketua MUI Kabupaten Malaka, Zainal Muttaqim. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Salat Id di Lapangan Umum Betun Hanya untuk Umat Islam Betun Kota


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malaka, Zainal Muttaqim menyampaikan bahwa pelaksanaan Salat Id dalam rangka perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah (2020 Masehi) dilakukan di lapangan umum Kota Betun, Jumat (31/7) pagi ini.

Pelaksanaan Salat Id di lokasi ini hanya khusus bagi umat Muslim yang ada di Kota Betun dan sekitarnya. Semua umat Muslim yang menjalankan Salat Id wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

“Untuk melakukan Salat Id di lapangan umum Betun, itu hanya dilakukan oleh umat Islam yang ada di Betun kota dan sekitarnya. Sedangkan umat Islam di tempat lain, seperti di Kletek, Kompi, tentara di perbatasan, dan umat Islam di Metamauk, kami imbau untuk melaksanakan Salat Id di tempat masing-masing,” kata Zainal Muttaqim kepada Timor Express saat ditemui di kediamannya, Senin (27/7).

Menurut Zainal, untuk pelaksanaan Salat Id berjamaah di lapangan umum Betun, pihaknya telah berkomunikasi dengan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH. Ini juga menindaklanjuti Surat Menteri Agama Nomor 18/2020, dimana pelaksanaan Salat Idul Adha harus berkomunikasi dengan Pemda setempat.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Bapak Bupati (Stef Bria Seran, Red) dan sudah mengizikan. Intinya Bapak Bupati mengizinkan untuk gunakan lapangan Betun melakukan Salat Id, dan pesan Bapak Bupati bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan ibadah harus sesuai dengan protokol Kesehatan Covid-19,” katanya.

Selain komunikasi dengan Bupati, Zainal mengaku telah mengimbau umat Muslim di Malaka melalui Panitia Pelaksana Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) lewat mimbar Jumat.

MUI Malaka, kata Zainal juga menyampaikan ke Kapolres Malaka sekaligus memohon bantuan pengamanan selama pelaksanaan Salat Id, termasuk pemberitahuan ke Camat Malaka Tengah. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top