Seorang Veteran Timtim Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari KSAD | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Seorang Veteran Timtim Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari KSAD


REHAB RUMAH. Sejumlah anggota TNI AD sementara merehab rumah milik Mariano Soaeres, warga RT 15/RW 8, Dusun IV Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Minggu (2/8). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Seorang Veteran Timtim Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari KSAD


Warga Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) memberikan bantuan bedah rumah di seluruh Indonesia. Bantuan ini sebagai wujud kepedulian KSAD terhadap prajuritnya atau veteran.

Salah satu veteran di NTT yang beruntung mendapat program bantuan bedah rumah ini adalah Mariano Soares, 64, warga RT 15/RW 8 Dusun IV Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Mariano merupakan mantan anggota veteran yang cinta terhadap NKRI. Ia juga mengalami kebutaan pasca tertembak di Gunung Matabean, Kabupaten Viqueque, Timor-Timur (Timtim) tahun 1980 silam.

Mariano Soares mendapat bantuan ini karena dia menempati rumah yang tidak layak huni bersama seorang istri bernama Blandina Victori Therik, 72, dan seorang anak. Istri Mariano Soares juga mengalami gangguan kesehatan, khususnya pada organ mata yang sudah tidak erfungsi baik.

Pekerjaan bedah rumah Mariano ini melibatkan 20 personil TNI, terdiri dari unsur anggota Kodim 1604/Kupang (10 orang), Zibang (5 orang), Brigif, Korem 161/Wira Sakti, dan Babinsa Oebelo, Serda Inacio Magalhaes.

Kegiatan bedah rumah itu ditargetkan selama lima hari kerja, terhitung sejak Sabtu (1/8) dan berakhir besok (5/8). Rumah yang dibedah atau rehab itu berukuran 5 x 6 meter. Terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang tengah, satu ruang tamu, dan teras. Rencana rumah hasil rehab ini akan diresmikan langsung Pangdam IX/Udayana.

Mariano Soares selaku pemilik rumah ketika ditemui media ini di kediamannya, Minggu (2/8), menyampaikan rasa syukur dan limpah terima kasih kepada institusi TNI AD, khususnya kepada KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa beserta jajaran yang telah membantu merehab rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni.

“Saya merasa sangat senang sekali rumah saya ini direhab. Sekali lagi saya ucapkan limpah terima kasih,” ungkap Mariano yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang/pemecah batu ini.

Blandina Victori Therik, 72, selaku istri Mariano Soares juga menyampaikan terima kasih kepada KSAD yang peduli dan membantu merehab rumah mereka yang kondisinya tidak layak huni.

“Kami harapkan ada perhatian dari pemerintah untuk bantu kami pasang listrik atau penerangan. Selama ini kami hanya pakai lampu pelita,” ungkapnya.

Dandim 1604/Kupang, Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu, melalui Kepala Staf Kodim 1604/Kupang, Letkol Inf. Sugeng Prihatin, S.Sos, M.Sc., M. Tr., Hanla, menjelaskan kegiatan bedah rumah milik anggota veteran Mariano Soaeres ini adalah wujud perhatian dan kepedulian dari KSAD.

Menurutnya, kondisi rumah milik Mariano Soaeres ini memang sangat memprihatikan atau tidak layak huni. Oleh sebab itu berangkat dari rasa kepedulian sehingga KSAD memprogramkan untuk merehab rumah tersebut menjadi layak huni.

“Rumah ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Pangdam IX/Udayana Jumat (7/8) mendatang,” kata Jimmy. (mg22)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top