Dubes Timor Leste Temui Bupati Belu, Sepakati Hal Penting Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dubes Timor Leste Temui Bupati Belu, Sepakati Hal Penting Ini


SILATURAHMI. Dubes Alberto Xavier Pereira Carlos bersama rombongan berdiskusi dengan Bupati Belu, Willy Lay di ruang kerja bupati, Rabu (5/8). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dubes Timor Leste Temui Bupati Belu, Sepakati Hal Penting Ini


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Duta Besar Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) untuk Indonesia, Alberto Xavier Pereira Carlos, melakukan kunjungan kerja ke Atambua, Kabupaten Belu, Rabu (5/8). Dubes Alberto menemui Bupati Belu, Willybrodus Lay guna membahas sejumlah agenda, salah satunya dibidang perdagangan/ekspor barang.

Bupati Belu, Willybrodus Lay saat menerima Dubes Alberto dan rombongan mengaku bangga mendapat kunjungan tersebut. Sebagai negara tetangga yang hidup berdampingan tentu saling membutuhkan. Kerjasama dilakukan dalam berbagai bidang seperti perdagangan, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

“Ada beberapa poin yang didiskusikan bersama Kedubes. Semoga bermanfaat terutama masyarakat di perbatasan negara,” ujarnya.

Menurut Bupati Willy salah satu poin diskusi yakni kerjasama di bidang perdagangan ekspor yang selama ini sudah berjalan. Seperti ekspor barang berjalan hanya setiap Rabu dalam sepekan. Tetapi untuk mempertimbangkan efisiensi waktu maka jadwal pelintasan barang untuk ditambah lagi frekuensinya menjadi dua hari setiap pekan.

“Kita berharap pelintasan barang bisa dilakukan dua kali dalam seminggu. Ini khusus untuk pelintasan barang saja. Sedangkan untuk pelintas orang belum bisa dilakukan,” ujarnya.

Sementara Dubes Alberto menuturkan, dirinya telah menjabat sebagai Dubes lebih kurang empat tahun, namun baru pertama kali ini mengujungi Kabupaten Belu. Padahal sudah banyak kegiatan yang digelar di Belu.

“Ini silahturahmi karena sejak jadi Dubes saya belum bertemu saudara saya Pak Bupati (Willy Lay, Red). Kami juga diskusi banyak hal,” ujar Dubes Alberto.

Dubes Alberto juga mengaku bangga, hubungan kerjasama dua negara sangat harmonis sejak merdeka hingga kini. Sebab Indonesia negara tetangga yang paling dekat dan sangat bersahabat. “Sebagai saudara, tentu kita saling membutuhkan. Apalagi memiliki banyak kesamaan
sehingga tidak heran masyarakat Timor Leste paling akrab dan sangat dekat dengan warga Indonesia,” ungkap Dubes Alberto.

Ketika disinggung terkait persoalan batas daerah aliran sungai (DAS) di bantaran sungai Malibaka, Desa Maumutin, Kecamatan Raihat, yang sempat dipolemikan warga dua negara, Dubes Alberto, mengatakan, potensi sumber alam tentu bermanfaat untuk warga dua negara. Sehingga pemerintah dua negara sedang meramu solusi terbaik untuk kesejahteraan masyarakat dua negara.

“Ada ide tertentu yang sedang dibangun bersama untuk diusulkan ke pusat. Tentu terbaik untuk masyarakat, khususnya di perbatasan ini,” tandasnya.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Dubes Alberto didampingi Konsul Timor Leste di Kupang, Jesuino Dos Reis M. De Calvalho dan Agen Consulate Atambua, Joao Simao De Sousa. Rombongan Dubes disambut Bupati Belu, Willy Lay bersama Penjabat Sekda Belu, Marsel Mau Meta, dan Administrator PLBN Mota’ain, Engelbertus Klau. (mg33)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top