Dinas PMD TTS Petakan Persoalan, Komisi I DPRD Uji Petik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas PMD TTS Petakan Persoalan, Komisi I DPRD Uji Petik


Kepala Dinas PMD TTS, George Dominggus Mella. (FOTO: YOPI TAPENU/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Dinas PMD TTS Petakan Persoalan, Komisi I DPRD Uji Petik


Tuntaskan Persoalan Seleksi Perangkat Desa

SOE, TIMEXKUPANG.com-Seleksi perangkat desa yang menuai persoalan karena diadukan sejumlah peserta maupun masyarakat ke Komisi I DPRD Timor Tengah Selatan (TTS) mulai disikapi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Dinas yang dipimpin George Dominggus Mella itu mulai melakukan pemetaan persoalan untuk mencarikan jalan penyelesaiannya.

George Mella saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/8) menyebutkan, hingga saat ini, pengaduan tertulis yang disampaikan oleh masyarakat mencapai 23 desa dari 266 desa di Kabupaten TTS.
Menurut George Mella, sebagian persoalan yang disampaikan itu langsung diselesaikan di Kantor Dinas PMD, sementara lainnya dilakukan klarifikasi ke desa yang bersangkutan, dan telah diselesaikan.

Pemetaan persoalan, demikian George Mella, bertujuan agar proses penyelesaiannya sesuai dengan jenis pengaduan yang terjadi. Misalnya, pengaduan tentang ketidakpuasan terhadap nilai seleksi yang ada. Peserta yang tidak ikut seleksi, namun nama masuk dalam perengkingan hasil seleksi. “Jadi kami lakukan pemetaan dulu, supaya kami selesaikan sesuai dengan jenis masalah masing-masing,” ungkap George.

George mengatakan, persoalan seleksi perangkat desa merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Pasalnya pelaksanaan seleksi ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di TTS, sehingga pasti ada kekurangannya. Namun, kekurangan yang terjadi akan menjadi bahan evaluasi demi perbaikan ke depan.

BACA JUGA: Peserta Seleksi Perangkat Desa Datangi DPRD TTS, Adukan Hal Ini

“Seleksi perangkat desa ini kan baru pertama kali, jadi tentu ada kurang-kurangnya. Kami akui itu, dan ke depan pasti akan lakukan perbaikan, sehingga persoalan yang terjadi sekarang tidak terulang lagi,” ujar George.

Mengenai proses pelantikan terhadap perangkat desa yang tidak bermasalah, menurut George, desa-desa yang tidak dipersoalkan hasilnya akan segera dipersiapkan proses pelantikannnya. “Yang jelas dalam bulan Agustus ini, pasti kami lantik perangkat desa di desa-desa yang tidak dipersoalkan,” ucap dia.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD TTS, Uksam Selan mengatakan, hingga Kamis (6/8) masyarakat yang mengadu ke lembaga DPRD mencapai 81 desa. Maka dari itu, pihaknya telah menjadwalkan waktu untuk melakukan uji petik di desa-desa yang masyarakatnya mengadu.

Jika dalam klarifikasi nanti, kata Uksam, terdapat persoalan yang dapat diselesaikan di tingkat desa, maka akan langsung diselesaikan. Namun jika terdapat persoalan yang perlu didorong ke ranah hukum, pihaknya akan mendorong agar diselesaikan secara hukum.

“Atau misalnya ada masalah yang harus diselesaikan di tingkat kabupaten akan kami arahkan untuk diselesaikan di kabupaten,” tandas Uksam. (yop)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top