Kabar Gembira Bagi Pensiunan di NTT, Gaji 13 segara Cair, Ini Jadwalnya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kabar Gembira Bagi Pensiunan di NTT, Gaji 13 segara Cair, Ini Jadwalnya


Branch Manager PT. Taspen (Persero) Cabang Kupang, M Abdul Gofur. (FOTO: ISTIMEWA)

NASIONAL

Kabar Gembira Bagi Pensiunan di NTT, Gaji 13 segara Cair, Ini Jadwalnya


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Para pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) di Nusa Tenggara Timur (NTT) boleh bergembira. PT Taspen (Persero) Cabang Kupang sebagai pengelola dana pensiun segera mencairkan gaji ke-13 mulai Senin, 10 Agustus 2020 nanti.

Hal ini merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 106/PMK.05/2020 tentang Pemberian dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Pensiun 13 Tahun 2020 kepada PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Pegawai Non PNS, dan penerima Pensiun atau tunjangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Untuk pembayaran pensiun ke-13, akan dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2020, dimana pembayaran dilakukan sesuai sebesar penghasilan bulan Juli 2020,” ungkap Branch Manager PT Taspen (Persero) Cabang Kupang, M. Abdul Gofur kepada Timor Express saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (8/8).

Abdul Gofur mengatakan, komponen penghasilan pensiun ke-13 tahun 2020 bagi penerima pensiun/penerima tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan atau tunjangan tambahan penghasilan.

Hanya, menurut Abdul Gofur, pembayaran pensiun ke-13 tahun 2020 ini tidak termasuk dana kehormatan veteran, penerima tunjangan veteran sebesar 50 persen, dan tunjangan cacat.

“Tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung Pemerintah,” jelas Abdul Gofur.

BACA JUGA: Ini Kabar Terbaru Terkait Gaji Ke-13 ASN dan TNI/Polri

Abdul Gofur menambahkan, dalam hal penerima pensiun dan penerima tunjangan menerima lebih dari satu penghasilan, maka pensiun ke-13 tahun 2020 diberikan kepada salah satu yang jumlahnya lebih besar.

“Dikecualikan dari ketentuan dalam hal penerima pensiun dan penerima tunjangan sekaligus sebagai penerima pensiun janda atau duda atau penerima tunjangan janda atau duda maka diberikan kedua-duanya pensiun ke-13 tahun 2020.

“Contoh penerima pensiun sendiri dan sebagai penerima pensiun janda atau duda,” katanya.

Abdul Gofur melanjutkan, untuk pembayaran pensiun ke-13 tahun ini bagi penerima pensiun atau penerima tunjangan dan eks PNS Dephub pada PT KAI (Persero) dilakukan melalui masing-masing kantor bayar pensiun.

”Bagi PNS dan Pejabat Negara yang pensiun terhitung mulai 1 Agustus 2020, maka pembayaran pensiun ke-13 tahun 2020 dilakukan oleh instansinya,” jelas Abdul Gofur.

Abdul Gofur mengimbau kepada seluruh penerima pensiun agar dalam pengambilan pensiun ke-13, penerima pensiun tidak harus datang ke kantor bayar atau mitra bayar Taspen yang selama ini digunakan para pensiunan. Namun bisa dilakukan melalui ATM terdekat.

“Kita mengimbau agar penerima juga perlu menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, dan para pensiunan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Taspen. Jika ada hal demikian, bisa dikoordinasikan ke Taspen sebelum mengambil keputusan karena akan merugikan diri sendiri,” tegas Abdul Gofur. (mg29)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

Populer

To Top