Kunjungi TTU, Dubes RDTL Bahas Ekonomi Masyarakat Perbatasan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kunjungi TTU, Dubes RDTL Bahas Ekonomi Masyarakat Perbatasan


POSE BERSAMA. Dubes RDTL untuk Indonesia, Alberto XP Carlos (keempat kiri) bersama rombongan pose bersama Penjabat Sekda TTU, Fransiskus Tilis (tengah) dan jajaran Pemkab di depan kantor Bupati TTU, Jumat (7/8). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kunjungi TTU, Dubes RDTL Bahas Ekonomi Masyarakat Perbatasan


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Duta Besar Republik Demokratik Timor Leste (Dubes RDTL) untuk Indonesia, Alberto XP Carlos melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Jumat (7/8). Kedatangan Dubes Alberto beserta rombongan diterima Penjabat Sekda TTU, Fransiskus Tilis di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan terbatas tersebut, kedua pejabat negara membahas beberapa hal penting terkait peningkatan kerjasama antarkedua wilayah serta peningkatan ekonomi masyarakat dari kedua negara, khususnya yang ada di wilayah perbatasan.

Dubes Alberto kepada sejumlah awak media usai pertemuan mengungkapkan, kunjungan dirinya ke TTU merupakan salah satu upaya untuk semakin meningkatkan kerjasama antarkedua negara.

Menurut Alberto, selama ini kerjasama antara kedua wilayah sudah berjalan baik, terutama dalam upaya untuk meningkatan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan.

Alberto menjelaskan, meski terdapat banyak sekali persoalan yang terjadi di wilayah perbatasan, namun ikatan persaudaraan serta kesamaan adat istiadat dan bahasa antara kedua wilayah, khususnya di Distrik Oeccuse menjadi salah satu faktor yang membuat hubungan masyarakat di perbatasan selalu terjalin dengan baik.

“Ini menjadi satu semangat bagi kita untuk bisa bekerjasama yang jauh lebih baik dan bisa saling membantu kedepannya, terutama bagi masyarakat yang ada di perbatasan,” ungkap Dubes Alberto.

BACA JUGA: Dubes Timor Leste Temui Bupati Belu, Sepakati Hal Penting Ini

Menurut Dubes Alberto, selama ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT selalu menjalin hubungan baik dengan pihak konsulat Timor Leste yang berada di wilayah perbatasan tersebut dalam berbagai kegiatan.

Dubes Alberto berharap, hubungan baik yang selama ini sudah terjalin tetap dapat ditingkatkan. Apalagi, masyarakat kedua negara ini masih memiliki kesamaan suku, budaya, bahkan kesamaan bahasa daerah.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah daerah karena selama ini telah bekerjasama baik dengan konsulat kita di Kupang dan kantor konsulat kita di Atambua,” ungkapnya.

Sementara, Penjabat Sekda TTU, Fransiskus Tilis mengaku sangat senang dengan kunjungan Dubes RDTL untuk Indonesia Alberto XP Carlos dan rombongannya ke TTU.

“Kita sangat bersyukur sekali bahwa kita mendapat kunjungan dari saudara-saudara kita yang kebetulan sudah menjadi satu negara sendiri,” kata Fransiskus.

Menurut Fransiskus, dalam pertemuan tersebut, selain membahas persoalan batas wilayah, pihaknya juga membahas terkait peningkatan ekonomi masyarakat perbatasan.

Fransiskus menambahkan, meskipun masih terdapat banyak persoalan yang terjadi di wilayah perbatasan, namun kondisi tersebut masih dapat diminimalisir dengan baik antar kedua wilayah.

Fransiskus melanjutkan, hal itu disebabkan karena kedekatan adat istiadat serta ikatan persaudaraan yang selama ini telah terjalin dengan baik.

“Memang terkait batas wilayah, tentunya itu adalah kewenangan dari pemerintah pusat, baik Jakarta maupun Dili, sementara kita yang di area perbatasan, kita membangun kerjasama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kita,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top