Kesiapan Sekolah Belum Matang, Bupati Malaka: Jangan Paksa KBM Tatap Muka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kesiapan Sekolah Belum Matang, Bupati Malaka: Jangan Paksa KBM Tatap Muka


Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran (tengah), Kabag Ops Polres Malaka, Jance Seran (kanan), dan Danramil 1605-05/ Biudukfoho, Letu Inf. Leo Soares, di kantor Bupati Malaka, Selasa (4/8). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kesiapan Sekolah Belum Matang, Bupati Malaka: Jangan Paksa KBM Tatap Muka


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran, MPH meminta kepada para penyelenggara pendidikan di wilayah itu untuk tidak memaksakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka yang dilangsungkan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), jika sekolah belum benar-benar siap.

“Sementara untuk sekolah yang sudah siap, silakan dijalankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ungkap dr. Stef pada peserta rapat persiapan penerapan AKB, khususnya di sektor pendidikan, bertempat di aula kantor Bupati Malaka, Selasa (4/8) lalu. Rapat itu dihadiri unsur TNI/Polri, Satpol PP bersama semua pimpinan perangkat daerah, para camat se Malaka, dan perwakilan pimpinan sekolah yang ada di Malaka, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.

Bupati Stef mengatakan, dalam pertemuan tersebut ia mendapat laporan terkait persiapan untuk penerapan AKB di era pandemi Covid-19. Berdasarkan pemaparan para pelaku pendidikan, dalam hal ini kepala sekolah, mereka menyampaikan bahwa untuk penerapan KBM tatap muka, selama di sekolah, anak-anak bisa diawasi para guru untuk penerapan protokol kesehatan. Hanya para kepala sekolah, kata Bupati Stef, tidak bisa menjamin ketika anak-anak pulang sekolah.

“Para kepala sekolah menyampaikan bahwa apabila anak didik ada di lingkungan sekolah, mereka mampu mengendalikan dari kerumunan dan menggunakan masker, tetapi di luar sekolah mereka tidak sanggup awasi. Pasti anak-anak pulang jalan bergerombol, maskernya dilepas, kalau naik ojek bisa tiga orang. Begitu juga menggunakan kendaraan umum pasti desak-desakan. Ini yang di luar pemantauan pihak sekolah,” ungkap Bupati Stef.

Atas penyampaian ini, demikian Bupati Stef, tampak masih ada keragu-raguan untuk menerapkan KBM tatap muka, bahkan ada sekolah yang belum siap, terutama mengawasi kedisiplinan anak didik.

“Oleh karena masih ada keraguan dan perbedaan pendapat dalam pertemuan tersebut, maka kita ambil sikap untuk mereka yang sudah siap silakan terapkan pelajaran tatap muka, dan mereka yang belum siap terus lakukan persiapan-persiapan, misalnya melatih anak-anak untuk disiplin dengan melibatkan orang tua,” tegas Bupati Stef.

Peran pihak kecamatan, lanjut Bupati Stef, adalah melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan AKB di lingkungan sekolah. Sementara dari pihak kabupaten akan dibentuk tim yang nantinya berkunjung ke masing-masing kecamatan guna memastikan kesiapan tersebut. “Nanti tanggal 19 Agustus akan ada rapat lagi untuk melakukan evaluasi,” ungkap Bupati Stef.

Bupati Stef meminta pihak sekolah agar dalam masa persiapan ini mendata apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya penerapan KMB tatap muka dimasa AKB. “Pemerintah akan ambil sikap dan opsi untuk masing-masing sekolah, apabila sudah siap silakan lakukan belajar tatap muka, tapi dengan catatan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan maupun kebaikan-kebaikannya. Nanti pada rapat pada tanggal 19 Agustus dapat ditularkan ke sekolah-sekolah lainnya yang belum siap,” pesan Bupati Stef.

Bupati Stef meminta pihak keamanan, dalam hal ini TNI/Polri dan Sat Pol PP untuk melakukan pengawasan sebab seluruh persiapan menerapkan sekolah tatap muka ini harus matang.

Sementara itu, Kapolres Malaka AKBP. Albertus Neno, SH, melalui Kabag Ops, Jance Seran, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu dan mendukung setiap keputusan pemerintah dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di masa AKB ini.

“Kami siap mengikuti kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19,” ungkap mantan Kapolsek Oebobo, Kota Kupang ini.

Menurutnya, sejau ini pihak keamanan, dalam hal ini TNI/POLRI dan Satpol PP tetap memantau aktifitas masyarakat bersama tim gugus kabupaten. (mg30)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top