Agar Pilkada Lancar, Wabup Belu Minta Kader PMKRI Ikut Kawal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Agar Pilkada Lancar, Wabup Belu Minta Kader PMKRI Ikut Kawal


SAMBUTAN. Wakil Bupati Belu, J. T. Luan (kiri) memberi sambutan pada acara pelantikan DPC PMKRI Cabang Atambua di aula Betelalenok, Selasa (11/8). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

Agar Pilkada Lancar, Wabup Belu Minta Kader PMKRI Ikut Kawal


Ketua PP PMKRI Imbau Semua Cabang Terlibat Kawal Pilkada

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang diharapkan berlangsung aman, lancar, dan sukses. Dan semua kader Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), di semua Cabang diimbau untuk ikut terlibat mengawal tahapan proses Pilkada serentak.

“PMKRI akan menjadi bagian dari tanggung jawab untuk mewujudkan demokrasi secara bermartabat dan berintegritas,” jelas Ketua Pengurus Pusat PMKRI, Benediktus Papa dalam sambutan pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PMKRI Cabang Atambua yang berlangsung di aula Betelalenok, Selasa (11/8).

Benediktus menegaskan, PMKRI harus turut mengambil bagian sebagai pemantau dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada. Kontribusi kader PMKRI menjadi harapan bersama untuk menjaga kualitas demokrasi ke arah yang lebih baik.

Ia mengatakan, PMKRI sudah resmi mendaftar ke KPU sebagai salah satu lembaga pemantau independen. Tentunya tanggung jawab berat untuk bersama KPU-Bawaslu dan peserta Pilkada mengawal tahapan Pilkada.

Menurut Benediktus, Pilkada saat ini berjalan di tengah pandemi Covid-19 sehingga ini menjadi tantangan besar penyelenggara. Untuk itu, katanya, PMKRI ikut bertanggungjawab mengawal jalannya Pilkada serentak yang berlangsung di masing-masing daerah. Tujuannya agar bisa tercipta ruang demokrasi yang menjadi hak setiap warga negara.

“Teman-teman di daerah saya minta untuk kolaborasi dengan pemerintah daerah, KPU dan Bawaslu untuk bersama mengawal jalannya Pilkada. Sebab keterlibatan kita tentunya sudah ikut menyelamatkan pembangunan lima tahun ke depan,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belu, J. T. Luan dalam sambutannya mengapresiasi keterlibatan PMKRI yang sudah berkontribusi mengawal dan mendukung kemajuan pembangunan daerah. Semangat keterlibatan organisasi kemahasiswaan seperti PMKRI tentunya sangat diharapkan masyarakat termasuk pemerintah.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah sangat mendukung PMKRI yang ikut terlibat mengawal proses demokrasi Pilkada yang tujuannya agar terciptanya demokrasi sesuai harapan bersama. Kehadiran PMKRI dapat mendorong peningkatan kualiatas proses maupun hasil Pilkada.

“Kita sangat dukung semangat anak muda untuk terlibat aktif. Jadi kader ini kesempatan untuk menempa diri agar kelak berguna untuk gereja dan tanah air,” tandasnya.

Mantan Sekda Belu ini mengatakan, Pilkada sebagai proses demokrasi yang memberikan kesempatan semua warga negara untuk berpartisipasi untuk memilih dan dipilih. Untuk itu ia mengajak semua elemen masyarakat untuk sukseskan jalannya tahapan Pilkada.

Dikatakan, sebagai kader tentu menjadi kesempatan untuk belajar dan berjuang, ikut memberikan pencerahan untuk masyarakat agar menggunakan haknya secara tepat dan benar tanpa paksaan. Bukannya ikut terlibat kampanye hitam saling menjatuhkan sesama saudara. Sebab yang bertarung Pilkada semua saudara dan bukan musuh.

“Facebook banyak akun palsu bermain. Saya harap diantara kita tidak ada dalam akun palsu itu. Tapi saya yakin tentu tidak. Mari kita kawal agar Pilkada lancar. Tidak ada musuh. Harus menjadikan teman perlombaan. Kalau tidak ada lawan tidak ada yang juara,” ujarnya.

Wakil Bupati Belu juga meminta PMKRI pusat mendukung pembangunan melalui berbagai dukungan program untuk kemajuan Belu sebagai garda terdepan Indonesia. (mg33)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top