Jokowi: Ibarat Komputer, Ekonomi Semua Negara Sedang Hang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jokowi: Ibarat Komputer, Ekonomi Semua Negara Sedang Hang


Presiden Jokowi saat berada di gedung parlemen, Senayan, Jakarta menghadiri sidang tahunan, Jumat (14/8). (FOTO: ISTIMEWA)

NASIONAL

Jokowi: Ibarat Komputer, Ekonomi Semua Negara Sedang Hang


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Presiden RI Joko Wododo (Jokowi) kembali menyebut bencana wabah virus Covid-19 telah membuat semua negara di dunia jatuh miskin. Mulai dari negara berkembang hingga negara maju tengah mengalami kemunduran ekonomi karena terpapar Covid-19.

Menurutnya, perekonomian dunia juga terparah dalam sejarah. Pada kuartal-I 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tumbuh 2,97 persen. Namun, pada kuartal-II perekonomian Indonesia minus 5,32 persen.

Jokowi mengatakan, capaian kuartal-II masih lebih bagus dibandingkan dengan negara-negara maju yang mencetak minus belasan persen, sampai minus 17 persen. Jokowi menegaskan, kemunduran yang dialami berbagai negara besar ini dapat menjadi peluang dan momentum Indonesia untuk mengejar ketertinggalan.

BACA JUGA: Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Kenakan Baju Adat Sabu

“Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara harus menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan re-start, harus melakukan re-booting. Semua negara mempunyai kesempatan men-setting ulang semua sistemnya,” ujarnya di gedung DPR RI Jakarta, Jumat (14/8).

Jokowi menyampaikan, dirinya menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para ulama, para pemuka agama, dan tokoh-tokoh budaya agar menjadikan momentum musibah pandemi ini sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar.

“Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan,” tukasnya. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top