Manfaatkan Limbah Pembangkit jadi Semen | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Manfaatkan Limbah Pembangkit jadi Semen


IST TEKEN MOU. Manager PT PLN (Persero) UPK Timor, Didik S. Irawan dan GM PT Sarana Agra Gemilang, Wawan Gunawan saat melakukan MoU terkait pemanfaatan pemanfaatan fly ash PLTU Bolok sebagai salah satu bahan pembuatan semen, Selasa (11/8).

Advetorial

Manfaatkan Limbah Pembangkit jadi Semen


PLN UIW NTT- PT Semen Kupang Teken MoU

KUPANG, TIMEX– Guna menciptakan lingkungan yang bersih dan asri, PT PLN (Persero) UPK TIMOR UIW NTT melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Sarana Agra Gemilang KSO PT Semen Kupang (Persero). MoU antara PT PLN (Persero) UPK TIMOR UIW NTT dan PT Sarana Agra Gemilang KSO PT Semen Kupang (Persero) tentang pemanfaatan fly ash PLTU Bolok ini digelar, Selasa (11/8) bertempat di kantor PJB PLTU Bolok.

Penandatangan ini dilakukan sebagai salah satu upaya PLN dalam pengelolaan limbah B3 di PLTU Bolok yaitu dengan memanfaatkan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) berupa Fly Ash dari hasil pembakaran batubara pada boiler yang terdapat di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bolok menjadi bahan baku dalam pembuatan semen.

Turut hadir dalam kegiatan MoU tersebut, Manager PT PLN (Persero) UPK Timor, Didik S. Irawan, General Manager PT Sarana Agra Gemilang KSO PT Semen Kupang (Persero) Wawan Gunawan dan Manager PT PJB PLTU Bolok Musdiman.

Manager PT PLN (Persero) UPK Timor, Didik S. Irawan di sela-sela MoU tersebut mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah dilakukan itu. PLN, kata Didik, selain dikenal memproduksi listrik namun terdapat hal lain yang belum diketahui masyarakat. Yakni limbah B3 atau fly ash.

“Tidak semua limbah tidak bermanfaat. Contohnya fly ash ini. Dimana limbah ini bermanfaat secara tidak langsung dalam mendukung PT SAG untuk produksi semen lokal dan secara tidak langsung mendukung pembangunan di NTT,” ungkap Manager PT PLN (Persero) UPK Timor.

Karena itu maka, jelasnya, pihak PLN juga berharap agar PT SAG tetap bisa memanfaatkan fly ash PLTU Bolok yang sesuai dengan salah satu misi perusahaan yaitu, menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. “Semoga kerja sama ini dapat terus ditingkatkan dalam membangun Provinsi NTT juga,” tambah Didik.

Sementara General Manager (GM) PT Sarana Agra Gemilang, Wawan Gunawan jugamenyampaikan terima kasih atas kerja sama yang sangat baik yang sudah dilakukan kedua lembaga tersebut. “Limbah fly ash PLTU Unit 1 dan 2 dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku pembuatan semen produk lokal dengan kualitas internasional dan PT SAG telah memiliki ijin untuk melaksanakan pengelolaan fly ash. Semoga kerja sama ini, kedepannya dapat meningkatkan kualitas produksi semen dan menghasilkan daya beli yang tinggi pula bagi masyarakat dengan harga jual terjangkau,” ungkap Wawan Gunawan. (*/gat)

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya Advetorial

To Top