Pemkot Adakan Perlengkapan Sekolah Berbiaya Rp 11 M untuk 50 Ribu Siswa | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkot Adakan Perlengkapan Sekolah Berbiaya Rp 11 M untuk 50 Ribu Siswa


Kepala Dinas P dan K Kota Kupang, Dumuliahi Djami. (FOTO: Fenti Anin/TIMEX)

PENDIDIKAN

Pemkot Adakan Perlengkapan Sekolah Berbiaya Rp 11 M untuk 50 Ribu Siswa


Adakan Seragam Sekolah, Buku, dan Tas

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang telah melakukan proses tender pengadaan pakaian seragam sekolah dan perlengkapan sekolah lainnya bagi peserta didik di daerah ini.

“Kita sudah lakukan tender dan sudah ada pemenangnya. Sesuai dengan target, pakaian seragam sekolah dan bantuan perlengkapan sekolah ini dapat dibagikan dalam waktu dekat, kalau bisa kita bagi saat anak-anak masuk sekolah nanti,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (12/8).

Menurut Dumul, pengadaan bantuan pakaian seragam sekolah ini sudah ditenderkan pada Agustus 2020 ini, dan sementara dalam proses. Memang diakui bahwa untuk pengirimannya tentu akan mengalami kendala karena dalam situasi pandemi Covid-19.

Dumul menjelaskan, dana yang digunakan untuk mengadakan perlengkapan sekolah ini bersumber dari APBD murni Kota Kupang tahun anggaran 2020 senilai Rp 11 miliar. Rinciannya, Rp 5 miliar lebih untuk pengadaan pakaian seragam sekolah, Rp 5 miliar untuk tas sekolah, dan Rp 1 miliar untuk buku tulis.

Dumul menyebutkan, sesuai perencanaan, bantuan ini akan diberikan kepada 50.000 lebih siswa-siswi yang ada di Kota Kupang, baik TK, SD, dan SMP.

“Untuk pembagiannya, kami pakai metode seperti tahun kemarin, dengan mengambil data pada sekolah-sekolah untuk mendistribusikan bantuan ini ini agar sesuai dengan ukuran pakaian siswa-siswi,” jelasnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Maudy Dengah mengatakan, bantuan pakaian seragam sekolah ini diharapkan dapat diberikan kepada siswa-siswi dalam waktu dekat, yaitu ketika sekolah dinormalkan kembali.

“Berdasarkan informasi yang diterima dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Kupang pakaian seragam dan perlengkapan sekolah lainnya sementara dalam proses dan akan sampai ke Kupang pada September nanti. Kita berharap agar ketika barang sudah ada, bisa langsung dibagikan,” harapnya.

Dalam masa ini, tentu pemerintah masih terus melakukan kajian untuk melakukan penormalan kembali proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, dimana semuanya diatur sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan agar tidak berisiko bagi anak-anak.

Komisi IV, kata Maudy, tentu mendukung semua program dan kegiatan pemerintah yang sifatnya untuk membantu masyarakat dan bersentuhan langsung dengan hal-hal yang menjadi prioritas.

Sekretaris Komisi IV DPRD kota Kupang, Richard Odja mengaku akan terus mengawal bantuan pakaian seragam sekolah ini mulai dari pengadaan sampai pendistribusiannya kepada siswa-siswi.

“Kita semua tentu berharap agar manfaat dari batuan ini dapat dirasakan oleh para penerima manfaat, dalam hal ini siswa-siswi, baik TK, SD, dan SMP,” ujarnya.

Dia mengatakan, Dinas Pendidikan juga harus melakukan evaluasi, agar jangan sampai terjadi kesalahan yang sama seperti tahun sebelumnya, agar jangan sampai ketika pakaian seragam ini sampai ke tangan siswa-siswi ada ukuran yang tidak sesuai dan keluhan lainnya.

“Jadi manfaat dari bantuan ini harus benar-benar dirasakan oleh siswa-siswi di Kota Kupang. Salah satunya adalah ukuran pakaian harus sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan setiap siswa. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan dinas dan melakukan evaluasi agar semua program dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik,” pungkas Richard. (mg25)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

To Top