78 Napi di Rutan Kefamenanu Dapat Remisi, Tak Ada yang Langsung Bebas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

78 Napi di Rutan Kefamenanu Dapat Remisi, Tak Ada yang Langsung Bebas


Karutan Kelas II-B Kefamenanu, Untung Cahyo Sidharto. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

78 Napi di Rutan Kefamenanu Dapat Remisi, Tak Ada yang Langsung Bebas


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 78 orang narapidana (Napi) kasus Tindak Pidana Umum (Tipidum) yang selama ini menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas II-B Kefamenanu, Untung Cahyo Sidharto kepada Timor Express, di Kefamenanu, Rabu (19/8) mengatakan, total napi yang saat ini menghuni Rutan Kefamenanu sebanyak 123 orang. Dari jumlah itu, terdapat 78 narapidana yang kasus Pidum yang mendapatkan remisi. Sedangkan 45 napi lainnya tidak mendapatkan remisi karena belum memenuhi syarat.

Remisi atau pemotongan masa tahanan bagi 78 orang napi kasus Pidum tersebut berkisar antara 1 – 6 bulan.

Remisi tersebut pun diserahkan secara simbolis oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) saat mengikuti acara penyerahan remisi secara virtual yang berlangsung pada 17 Agustus lalu.

“Remisinya berupa pemotongan masa tahanan untuk Napi di Rutan Kelas II B kefamenanu itu tidak ada yang langsung bebas namun mengurangi masa waktu hukuman,” jelas Untung.

Dijelaskan, 78 napi yang mendapatkan remisi tersebut merupakan narapidana yang terjerat kasus pidana umum seperti penganiayaan, pembunuhan, pengrusakan, dan lain sebagainya.

Sementara untuk napi kasus korupsi, lanjut Untung, hingga saat ini belum diusulkan untuk mendapatkan remisi lantaran belum memenuhi syarat.

BACA JUGA: 119.175 Narapidana Dapat Remisi HUT RI, Negara Hemat Rp 176 Miliar

“Narapidana kasus korupsi belum diusulkan karena belum memenuhi syarat seperti belum membayar denda dan belum mengembalikan kerugian negara sehingga mereka masih tetap menjalani hukuman sesuai putusan pengadilan,” jelasnya.

Menurut Untung, napi yang mendapatkan remisi khusus tersebut bervariasi. Remisi yang diberikan tersebut sesuai dengan tingkat perilaku napi yang bersangkutan selama menjalani masa hukuman di rumah tahanan kelas II B Kefamenanu.

Cahyo menambahkan, remisi yang diberikan itu sebanyak 15 hari, 30 hari, 45 hari dan 60 hari. Namun mayoritas Napi di Rutan Kelas II B kefamenanu mendapatkan remisi sebanyak 60 hari.

“Remisi yang diberikan itu bervariasi tergantung perilaku dari napi yang bersangkutan selama menjalani masa hukuman,” ujarnya.

Untung berharap, warga binaan yang mendapat remisi harus terus tekun dan taat mengikuti program pembinaan di dalam Rutan Kefamenanu.

Selain itu juga, Untung berharap warga binaan Rutan Kelas II B kefamenanu terus berbenah diri, menyadari kesalahan serta lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Sehingga bisa menjadi bekal hidup saat kembali ke masyarakat.

“Kita berharap warga binaan Harus terus mengikuti program pembinaan di Rutan maupun lapas sehingga menjadi bekal saat kembali ke masyarakat dan menjadi orang yang patuh pada hukum,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top