DPRD Sesalkan Sikap Pemkot, Begini Penjelasan Sekda | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

DPRD Sesalkan Sikap Pemkot, Begini Penjelasan Sekda


Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

POLITIK

DPRD Sesalkan Sikap Pemkot, Begini Penjelasan Sekda


Pemkot Resmikan Jl. Mesakh Amalo di Bundaran Tirosa tanpa Libatkan DPRD

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe mengaku sangat menyesalkan sikap Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang karena tak melibatkan atau mengundang lembaga legislatif itu saat peresmian nama jalan Mesakh Amalo di Bundaran Tirosa yang sebelumnya bernama Jl. Bundara PU, Rabu (19/8).

Herannya, saat memberi sambutan, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menyebutkan nama undangan yang hadir, dimana saat itu menyebut Pimpinan DPRD Kota Kupang.

Yeskiel Loudoe mengaku, Pemkot Kupang tidak mengundang pihak DPRD untuk menghadiri acara tersebut. “Pemerintah tidak mengundang tetapi menyebutkan nama lembaga DPRD saat peresmian itu. Tentu ini sangat merugikan DPRD, karena akan dinilai tidak hadir dan tidak mendukung pemerintah dalam memberikan penghargaan kepada almarhum Mesakh Amalo sebagai Wali Kota pertama yang juga pendiri kota ini,” kata Yeskiel saat diwawancarai di ruang kerjanya, kemarin (19/8).

Yeskiel mengatakan, kegiatan yang tidak mengundang DPRD ini tentu sangat keliru. Karena DPRD sangat mendukung untuk mengabadikan dan memberikan penghargaan kepada para pendahulu yang telah berjasa membangun Kota Kupang ini.

“Jangan sampai timbul pengertian di masyarakat bahwa kami DPRD tidak mendukung kegiatan ini. Jadi saya sangat menyesalkan hal ini. Kami harapkan wali kota dapat memberikan evaluasi kepada kinerja stafnya,” kata Ketua DPRD Kota Kupang dua periode ini.

Hal yang sama diutarakan Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Padron Paulus. Menurutnya, kejadian ini sangat merugikan lembaga DPRD dan semua pimpinan DPRD, sehingga Wali Kota harus melakukan evaluasi kepada semua stafnya.

“Jangan sampai hal ini membuat hubungan kemitraan ini menjadi rusak akibat kelalaian staf. Dengan begini, ada kesan DPRD tidak mendukung kegiatan ini. Kita adalah mitra jangan anggap lawan politik,” tegas politikus Partai NasDem yang sudah empat periode duduk di kursi legislatif ini.

Padron dengan tegas meminta agar jangan sampai hal ini terulang kembali. “Jangan sampai ini terus menjadi kebiasaan dan merusak hubungan kemitraan antara lembaga DPRD dan Pemerintah Kota Kupang,” tandas Padron. “Kami sangat menyesalkan kejadian ini. Lembaga DPRD disebutkan namanya pada sambutan wali kota, namun pada kenyataannya kami tidak diundang sama sekali,” sambung Padron.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang, Fahrensi Funay mengakui bahwa Pemkot Kupang telah melakukan kesalahan dan kekeliruan. Menurutnya, Pemkot telah menyiapkan undangan, namun ternyata undangan itu tidak sampai ke lembaga DPRD Kota Kupang.

“Tentu ini menjadi catatan penting untuk kami, dan akan terus dilakukan evaluasi. Terutama pada kinerja staf yang ada agar tidak terjadi hal seperti ini, karena tentu sangat merugikan dalam hubungan kemitraan ini,” terangnya.

Fahrensi mengatakan bahwa setelah kejadian itu, dirinya langsung bertemu pimpinan DPRD Kota Kupang untuk menyampaikan permohonan maaf, dan berjanji akan melakukan evaluasi pada kinerja staf.

“Ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi kami Pemerintah Kota Kupang karena kesalahan yang dibuat oleh staf akhirnya membawa dampak besar, terutama kepada pimpinan atau kepala daerah. Wali Kota dalam hal ini tentunya tidak mengetahui sampai teknis undangan yang hadir, semuanya murni kelalaian staf dan akan menjadi evaluasi ke depan,” ungkap sosok yang belum sebulan menjabat Sekda Kota Kupang ini.

Fanrensi mengatakan, Pemkot bersama DPRD Kota Kupang merupakan mitra dan sama-sama merupakan penyelenggara pemerintah di daerah. Karena itu, lanjutnya, hubungan kemitraan ini harus dijaga agar tetap harmonis dan sejalan dalam menjalankan roda pemerintahan dan mengurus berbagai urusan pelayanan kemasyarakatan di Kota Kupang. (mg25)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top