Resmi Jadi Pelatih Barcelona, Misi Koeman Adalah Cegah Messi Pergi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Resmi Jadi Pelatih Barcelona, Misi Koeman Adalah Cegah Messi Pergi


Pelatih asal Belanda Ronald Koeman setelah keluar dari rumah sakit Mei lalu. (FOTO: Ronald Koeman/Instagram via Daily Mail/JawaPos.com)

SPORT

Resmi Jadi Pelatih Barcelona, Misi Koeman Adalah Cegah Messi Pergi


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Quique Setien telah resmi dipecat Barcelona. Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman akhirnya menjadi suksesor. Dia dikontrak sampai 2022.

Pekerjaan berat sudah menanti Koeman. Dia harus berani melakukan regenerasi skuad. Untuk hal itu, Koeman mempunyai prinsip. Bahwa pemain senior tetap diperlukan. Tetapi, inti fondasi tetap mereka yang dalam usia emas.

Seperti dilansir Marca, pelatih 57 tahun tersebut bakal memprioritaskan pemain dengan usia kepala tiga untuk dilepas. Artinya, ada delapan pemain yang masuk kategori.

Mereka adalah kapten Lionel Messi, striker Luis Suarez, gelandang Ivan Rakitic, gelandang Arturo Vidal, gelandang Sergio Busquets, bek kiri Jordi Alba, bek tengah Gerard Pique, dan kiper Neto.

Di antara delapan pemain itu, hanya Neto yang miskin jam terbang. Tujuh pemain lainnya bahkan bermain di atas 35 pertandingan musim ini. Artinya, Blaugrana –julukan Barcelona– masih bertumpu kepada para seniornya. Namun, dari delapan pemain itu, hanya Messi yang masih diinginkan bertahan.

La Pulga (Si Kutu) –julukan Messi– masih dibutuhkan Barcelona. Koleksi 31 golnya musim ini jadi bukti bahwa kontribusi pemain asal Argentina tersebut masih besar. Tugas Barcelona saat ini ialah meyakinkan Messi bersedia memperpanjang kontraknya yang habis tahun depan. Setidaknya, jika harus hengkang, pemain 33 tahun itu tidak pindah ke tim Eropa.

Hal yang sama terjadi pada Suarez. Striker 33 tahun tersebut masih sanggup menghasilkan 21 gol musim ini. Hanya, eks pemain Liverpool FC itu mulai rentan cedera. Musim ini dia sudah mengalami tiga cedera berbeda (betis, engkel, dan lutut).

Bahkan, cedera terakhir yang diderita pada Januari lalu seharusnya membuat musim Suarez tamat. Tetapi, pandemi Covid-19 yang membuat musim ini molor jadi berkah baginya.

”Mereka (petinggi Barcelona, Red) harus melakukan yang terbaik agar bisa meyakinkan Messi pensiun di Barcelona. Jika mereka membiarkan Messi pergi, Barcelona harus mengganti nama. Karena Barcelona adalah Messi,” tutur Samuel Eto’o, eks rekan setim Messi di Blaugrana, seperti dilansir TyC Sports.

Meski prioritas dilepas adalah pemain senior, yang berusia muda tak lantas aman. Nama-nama seperti bek kanan Nelson Semedo, bek tengah Samuel Umtiti, striker Martin Braithwaite, dan wide attacker Ousmane Dembele juga berada dalam pantauan. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya SPORT

To Top