Soal Pembukaan Sekolah, Kemendikbud: Tidak Perlu Khawatir Selama Taat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Soal Pembukaan Sekolah, Kemendikbud: Tidak Perlu Khawatir Selama Taat


ILUSTRASI. Uji coba sekolah tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan. (FOTO: DERY RIDWANSAH/JawaPos.com)

PENDIDIKAN

Soal Pembukaan Sekolah, Kemendikbud: Tidak Perlu Khawatir Selama Taat


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Banyak pihak menilai keputusan pemerintah untuk membuka sekolah di zona hijau dan kuning di tengah pandemi Covid-19 adalah langkah yang buruk. Sebab, status zona Covid-19 bergerak begitu dinamis.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Jumeri menjelaskan, pembukaan sekolah telah mempertimbangkan segala risiko yang ada. Mulai dari dampak psikologis peserta didik hingga adanya risiko penutupan sekolah.

“Buka itu atas dasar pertimbangan kondisi peserta didik yg diisolasi di rumah, mempertimbangkan orang tua, pertimbangan guru kita untuk menigkatkan mutu pembelajaran, pertimbangan kelembagaan pada sekolah-sekolah yang fungsinya tidak berfungsi lagi dan kemungkinan sekolah akan tutup kalau penghentian pembelajaran terus berkepanjangan,” terangnya dalam saluran televisi, Kamis (20/8).

BACA JUGA: Tunggu Revisi SKB 4 Menteri, Dumul Djami: Kita Belum Bisa KBM di Sekolah

Sehingga pemerintah, dalam hal ini 4 menteri mengambil kesempatan untuk merelaksasi zona hijau dan kuning. Sebab, di zona inilah, menurutnya risiko penularannya relatif lebih kecil dibandingkan dengan zona oranye dan zona merah.

“Keputusan ini telah mempertimbangkan banyak aspek dan kami juga berdiskusi dengan Satgas Covid-19, Mendagri, Menkes, Menag,” ujarnya.

Meskipun kecil, pihaknya juga telah menyiapkan hal-hal yang harus dipenuhi seperti perizinan dari pihak berwenang. Kemudian, juga pemenuhan daftar periksa, seperti penyediaan wastafel, hand sanitizer dan mengurangi kuantitas meja dan kursi di kelas.

“Selain zona hijau atau kuning, di daerah bupati atau walikota mengizinkan karena mereka lah yang paling tahu daerahnya, sekolah siap dan orang tua mengizinkan. Kita tidak perlu khawatir sepanjang filter ini berfungsi,” pungkas dia. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

To Top